AUDIT BPK

Baru 75% Rekomendasi BPK yang Ditindaklanjuti Pemerintah

Belum seluruhnya tindaklanjut hasil audit sesuai rekomendasi BPK

By | Jum'at, 24 Juni 2022 14:58 WIB

Ketua BPK Isma Yatun (foto: BPK)
Ketua BPK Isma Yatun (foto: BPK)

JAKARTA, BELASTING - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menyampaikan belum seluruh rekomendasi hasil audit yang ditindaklanjuti pemerintah.

Kepala BPK Isma Yatun mengatakan pada periode 2005-2021 sudah ada 19.802 temuan hasil pemeriksaan LKPP, LKKL dan LKBUN. Kemudian sebanyak 42.553 rekomendasi sudah disampaikan BPK kepada entitas yang diperiksa.

"Kami terus mendorong pemerintah untuk melakukan upaya efektif menyelesaikan rekomendasi hasil pemeriksaan BPK," katanya dalam keterangan tertulis dikutip pada Jumat (24/6/2022).




Isma Yatun menjelaskan dari puluhan ribu rekomendasi yang diberikan kepada pemerintah sebanyak 75% sudah ditindaklanjuti sesuai dengan hasil rekomendasi BPK.

Kemudian sebanyai 19% telah ditindaklanjuti pemerintah namun belum sesuai dengan rekomendasi BPK. Selanjutnya, sebanyak 5% rekomendasi belum ditindaklanjuti pemerintah dan 1% tidak dapat ditindaklanjuti.

Isma Yatun memaparkan tindak lanjut hasil pemeriksaan merupakan basis untuk meningkatkan keualitas pemerintah dalam mengelola anggaran. Sehingga APBN menjadi alat yang lebih efektif dan inklusif dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat.



Dia menambahkan BPK opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas LKPP Tahun 2021 dalam semua hal yang material sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP). 

Opini WTP atas LKPP Tahun 2021 tersebut didasarkan pada opini WTP atas 83 Laporan Keuangan Kementerian Negara/Lembaga (LKKL) dan 1 Laporan Keuangan Bendahara Umum Negara (LKBUN) Tahun 2021 yang berpengaruh signfikan terhadap LKPP Tahun 2021. (das)



KOMENTAR

Silahkan berikan komentar dengan baik

Tulis Komentar Anda :