PENGAWASAN INTERNAL

Itjen Kemenkeu Lebih Sering Datangi Kantor Pajak, Ingatkan Soal Ini

Program Itjen Menyapa kini sering datangi unit vertikal DJP

By | Senin, 08 Agustus 2022 14:49 WIB

Ilustrasi gedung Kemenkeu (foto: KLI Kemenkeu)
Ilustrasi gedung Kemenkeu (foto: KLI Kemenkeu)

JAKARTA,BELASTING - Program Itjen Menyapa yang digagas oleh Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemenkeu mendatangi Kanwil DJP Wajib Pajak Besar atau LTO.

Inspektur I Itjen Kemenkeu Belis Siswanto mengingatkan bahwa DJP kini diawasi secara internal dan eksternal. Oleh karena itu, nilai-nilai Kemenkeu khususnya integritas, moral dan etika harus ditegakkan dalam aktivitas sehari-hari  

"Mari kita jaga bersama kapal besar DJP dan Kemenkeu dengan tegakkan nilai Kementerian Keuangan dalam aktivitas sehari-hari, bekerja dengan amanah sesuai ketentuan, menegakkan keadilan, memberi manfaat/kontribusi terbaik untuk negeri," katanya dalam acara Itjen Menyapa di Kanwil LTO dikutip pada Senin (8/8/2022).




Belis menuturkan area pengawasan Itjen terhadap DJP mencakup banyak proses bisnis. Cakupan pengawasan pada area proses bisnis berisiko tinggi dan area strategis.

Kemudian pengawasan manajemen risiko dan penguatan integritas, pengawasan mandatory, pengawasan joint program, pengawasan current issue, dan sinergi feeding data potensi perpajakan. 

Lalu ada pengawasan yang dilakukan untuk mencapai penerapan Governance, Risk Management, and Compliance (GRC), optimalisasi penerimaan negara, serta mewujudkan program strategis Kemenkeu berjalan sesuai ketentuan.  



Pada kesempatan yang sama, Kasubdit Kepatuhan Internal DJP Hatipah Haroen Al Rasjid menyampaikan pentingnya atas melakukan pengawasan dan menjadi contoh baik bagi anak buah. Fungsi atas tidak hanya sebatas pengawasan kerja, namun juga menyentuh aspek disiplin pegawai.

"Setiap atasan diharapkan dapat mengedepankan pencegahan, pembinaan, coaching, dan mentoring kepada bawahan dan segera menindaklanjuti apabila terdapat informasi dugaan pelanggaran disiplin bawahan," imbuhnya. (das)



KOMENTAR

Silahkan berikan komentar dengan baik

Tulis Komentar Anda :