MODUS PENIPUAN

Awas.. Penipuan Seminar Berbayar Pakai Logo BPK

BPK tidak pernah memungut biaya apapun dalam penyelenggaraan workshop, seminar, atau bimtek.

By | Sabtu, 10 September 2022 15:23 WIB

JAKARTA, BELASTING—Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mengimbau masyarakat waspada terhadap aksi penipuan yang menawarkan seminar berbayar dengan mengatasnamakan BPK.

BPK menyatakan segala bentuk undangan atau publisitas yang bersifat untuk publik hanya bersumber dari website atau media sosial resmi BPK. Selain dari itu, berarti bukan undangan resmi dari BPK.

“BPK tidak pernah memungut biaya apapun dalam penyelenggaraan workshop, seminar, bimtek, atau sosialisasi yang berkaitan dengan tugas dan fungsi BPK,” ungkap lembaga audit negara itu, dikutip Sabtu (10/9/2022).




Untuk itu, BPK meminta masyarkat untuk teliti dan kritis saat mendapatkan undangan workshop atau seminar dari BPK. Terlebih lagi apabila undangan itu mencantumkan harga atau biaya pendaftaran kepesertaan.

Apabila menemukan undangan seperti itu, masyarakat bisa mengadukannya melalui WhatsApp resmi BPK di 0811-1907-010. Aduan juga bisa disampaikan melalui media sosial BPK, e-mail di eppid@bpk.go.id.

Selain itu, masyarakat bisa datang langsung ke kantor perwakilan BPK yang ada di seluruh provinsi. Adapun lokasinya bisa dilihat di laman resmi bpk.go.id/representation.



BPK menegaskan surat undangan yang disebarluaskan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab itu memuat logo BPK di pojok kiri atas dan kop surat palsu.

Untuk diketahui, undangan palsu itu ditulis dengan format surat formal. Di dalamnya memuat nomor surat palsu, surat ditulis bersifat penting, dan perihal mengenai undangan workshop nasional/Bimtek.

Lampiran surat undangan palsu itu juga mencantumkan harga biaya pendaftaran workshop, kemudian diikuti oleh cap BPK yang palsu dan tanda tangan yang palsu pula.

“Tetap waspada terhadap segala bentuk penipuan yang mengatasnamakan BPK,” tegas BPK. (Isa)



KOMENTAR

Silahkan berikan komentar dengan baik

Tulis Komentar Anda :