PEMILIHAN ANGGOTA BPK

Ahmadi Noor Supit Terpilih Jadi Anggota BPK, Tambah Daftar Politisi di Auditor Negara

Veteran Komisi XI DPR pindah gelanggang ke ranah audit keuangan negara

By | Selasa, 20 September 2022 17:46 WIB

Ilustrasi (foto: Istimewa)
Ilustrasi (foto: Istimewa)

JAKARTA,BELASTING - Komisi XI DPR kembali memilih politisi untuk mengisi kursi kosong anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Hasil fit and proper test calon anggota BPK RI yang digelar Komisi XI, Senin 19 September 2022 memutuskan memilih Ahmadi Noor Supit sebagai kandidat terpilih sebagai anggota BPK.

Keputusan tersebut ditetapkan secara musyawarah oleh Komisi XI pada hari ini, Selasa 20 September 2022. Ahmadi Noor Supit terpilih setelah mengungguli kandidat lain dalam fit and proper test.




Proses uji kepatutan dan kelayakan calon anggota BPK periode 2022-2027 diikuti oleh 9 calon. Mereka adalah Ahmadi Noor Supit, Izhari Mawardi, Nugroho Agung Wijoyo, Rachmat Manggala Purba, Tjipta Purwita, Abdul Rahman Farizi, Wahyu Sanjaya, Dori Santosa, dan Erryl Prima Putera Agoes.

Nantinya, Ahmadi Noor Supit akan mengisi posisi lowong yang ditinggalkan oleh mantan anggota BPK Harry Azhar Aziz yang wafat pada Desember 2021.

Dia akan mengisi jabatan sebagai anggota V BPK. Pos pengawasan mencakup pemeriksaan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara dan daerah.



Kementerian/lembaga yang menjadi objek tugas dan wewenang antara lain Kemendagri, Kemenag, BPKS, BP Batam, BPWS, BNPP, pengelolaan dan tanggung jawab keuangan daerah pada Pemerintah Provinsi, Kabupaten, Kota, dan Badan Usaha Milik Daerah di Wilayah I (Sumatera dan Jawa) serta lembaga yang dibentuk dan terkait di lingkungan entitas tersebut.

Adapun Ahmadi Noor Supit merupakan sosok dengan latar belakang sebagai politisi. Dia merupakan kader Partai Golkar yang telah menjadi anggota DPR sejak 1992.

Rekam jejaknya sebagai anggota parlemen antara lain menjadi anggota Komisi XI DPR periode 2014-2019. Kemudian pernah menjadi ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR dan Ketua Komisi XI pada 2016. (das)



KOMENTAR

Silahkan berikan komentar dengan baik

Tulis Komentar Anda :