AUDIT BPK

Waspada! Beredar Modus Penipuan Seminar Berbayar Badan Pemeriksa Keuangan

Muncul modus penipuan baru mengatasnamakan BPK

By | Senin, 08 Mei 2023 13:16 WIB

ilustrasi (foto: istimewa)
ilustrasi (foto: istimewa)

JAKARTA, BELASTING—Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) kembali mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap upaya penipuan seminar berbayar yang mengatasnamakan pihak BPK.

BPK menegaskan tidak pernah memungut biaya saat menyelenggarakan seminar atau workshop. Utamanya, saat menggelar acara yang mengusung tema berkaitan dengan tugas dan fungsi BPK.

“BPK tidak pernah memungut biaya apapun dalam penyelenggaraan Workshop/Seminar/Bimtek/Sosialisasi yang berkaitan dengan tugas dan fungsi BPK,” tulis pengumuman BPK, dikutip Senin (8/5/2023).




Masyarakat bisa melapor ke pihak BPK apabila menerima undangan seminar berbayar. Adapun hotline pengaduan bisa dihubungi melalui WhatsApp di nomor 08111907010 atau email eppid@bpk.go.id.

BPK mengingatkan masyarakat agar tidak terburu-buru mengirimkan sejumlah uang untuk mengikuti seminar. BPK memastikan penawaran seminar berbayar mengatasnamakan BPK merupakan modus penipuan.

“Segala bentuk publisitas BPK yang bersifat untuk publik hanya bersumber dari website atau media sosial resmi BPK,” tulis pengumuman BPK.



BPK memaparkan ada 4 ciri-ciri khusus modus penipuan seminar berbayar. Pertama, pelaku penipuan akan menghubungi menggunakan nomor pribadi.

Kedua, memaksa korban untuk mentransfer sejumlah uang ke rekening pribadi juga. Ketiga, pelaku penipuan sering kali mengancam korban dengan menakut-nakuti akan dijerat hukuman atau pidana.

Keempat, undangan seminar atau workshop dikirim tidak melalui domain email BPK, ataupun tidak melalui nomor HP resmi BPK RI. Oleh karena itu, BPK meminta masyarakat tetap waspada. (das)



KOMENTAR

Silahkan berikan komentar dengan baik

Tulis Komentar Anda :