BANTUAN PENDIDIKAN

Ini Sebab Dana PIP Oktober 2022 Belum Masuk ke Rekening BRI atau BNI

Dana PIP ini dicairkan melalui rekening BRI dan BNI kepada siswa yang memenuhi syarat dapat PIP

By | Selasa, 18 Oktober 2022 10:08 WIB

ilustrasi
ilustrasi

JAKARTA, BELASTING—Dana Program Indonesia Pintar (PIP) 2022 telah cair pada 14 Oktober 2022 lalu ke 11,9 juta siswa jenjang SD, SMP, SMA dan SMK.

Dana PIP ini dicairkan melalui rekening BRI dan BNI kepada siswa yang memenuhi syarat untuk dapat PIP.

Jika peserta didik penerima PIP 2022 tetapi tidak bisa atau mengalami kendala saat akan mencairkan dana Program Indonesia Pintar di BRI atau BNI pada Oktober 2022? Berikut ini alasan penyebabnya.




Dikutip dari laman resmi PIP, alasan utama PIP tidak cair kepada siswa ialah karena tidak lagi terdata sebagai penerima PIP.

Untuk mencairkan dana PIP di BRI atau BNI, siswa wajib untuk membawa beberapa dokumen penting lainnya. Berikut dokumen yang perlu disiapkan untuk rekening virtual:

  1. Surat Keterangan Kepala Sekolah/Ketua Lembaga
  2. Salinan halaman biodata rapor
  3. Salinan Kartu Tanda Penduduk (KTP) orangtua/wali/guru pendamping

Untuk rekening tabungan (datang langsung ke Bank)



  • Surat keterangan kepala sekolah/ketua lembaga
  • Salinan KTP orangtua (bagi pemegang KIP jenjang SMA/SMK/Paket C/Kursus bisa menggunakan Kartu Pelajar/KTP/KK
  • Salinan Kartu Keluarga
  • Surat Keterangan Tambahan dari Kepala Sekolah/Ketua Lembaga untuk menggantikan KTP/KK orangtua/wali jika peserta didik tinggal berjauhan dengan orangtua/wali.

Sementara itu kriteria siswa penerima PIP 2022 sebagai berikut: 

  • Siswa pemegang KIP
  • Siswa dari keluarga miskin/rentan miskin dan/atau dengan pertimbangan khusus seperti:
  • Siswa dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan
  • Siswa dari keluarga pemegang Kartu Keluarga Sejahtera
  • Siswa yang berstatus yatim piatu/yatim/piatu dari sekolah/panti sosial/panti asuhan
  • Siswa yang terkena dampak bencana alam
  • Siswa yang tidak bersekolah (drop out) yang diharapkan kembali bersekolah
  • Siswa yang mengalami kelainan fisik, korban musibah, dari orang tua yang mengalami pemutusan hubungan kerja, di daerah konflik, dari keluarga terpidana, berada di Lembaga Pemasyarakatan, memiliki lebih dari 3 (tiga) saudara yang tinggal serumah
  • Siswa merupakan Peserta pada lembaga kursus atau satuan pendidikan nonformal lainnya. (sds)


KOMENTAR

Silahkan berikan komentar dengan baik
Assmualikum bapak ibu kenapa anak saya tahun 2020 dapat kipnya tapi di tahun 2021 ngak dapat mohon pencerahannya bapak/ ibu trimksih
Guntur | Senin, 24 Oktober 2022 13:14 WIB
Asalamulaikum anak saya sudah melakukan aktivitas rekening tpi masih belum cair,cek pip kemendikbud error terus
Tintin | Rabu, 26 Oktober 2022 15:12 WIB
Assalamualaikum kemarin tgl 19 September anak saya sudah melakukan verivikasi atau aktivitas rekening tapi sampai sekarang PIP belum cair ,kalau boleh tahu ada kendala apa
Feralia sari | Rabu, 26 Oktober 2022 17:59 WIB
Saya udah aktifvasi rekening pada tgl 21 agustus tapi sampai saat ini belum masuk dana nya
Yanuar saleh | Kamis, 27 Oktober 2022 20:41 WIB
Kenapa bantuan anak saya belum cair juga
Mozza kirana | Sabtu, 29 Oktober 2022 05:24 WIB
Dana pip anak saya sd belum cair sampai skrng. Dari bulan Agustus. Padahal uda buat buku rekening
FARADISA | Minggu, 30 Oktober 2022 21:29 WIB
Semua pertanyaan kenapa tidak ada jawaban laman ini apa tidak ada operatornya.kok jawabannya itu itu saja.
Dadang setiawan | Senin, 31 Oktober 2022 08:01 WIB
Sy sdh aktivasi rek dr 19 Agustus 2022, sampe skr blm cair pip nya.
Joko | Selasa, 01 November 2022 23:30 WIB
Pip ank sy ko blm jga cair ya. Terakhir cair bln maret lalu. Cma cair 225 biasa nya 450.jd sisa nya kpn ya. Wkt terakhir cair ank sy msh duduk di SD klas 6 skrg udh di bangku SMP klas 7 msh blm cair jga knp ya
Marisa putri nuryadin | Rabu, 02 November 2022 10:55 WIB
Say aktivasi pip sejak 25 oktobe 2022 tapi blm.ad pencairan
Andi yuliyati | Kamis, 03 November 2022 21:04 WIB
Saya penerima PIP 2022 waktu SMP tapi kenapa saya naik kelas SMK gak cair mohon bantuanya
CLARETA EKA SAPUTRI | Sabtu, 05 November 2022 13:01 WIB
Sudah buat rekening sesuai suket dari kepseknya tapi sampai saat ini belum ada info cair atau belum cair,,,kenapa ya atau dari pihak sekolahnya belum di update data,dapodiknya mohon pencerahannya
Nazam | Minggu, 06 November 2022 01:28 WIB
Didata pip sudah ada bcaan penyaluran tp kok blm dpt sk aktivasi rekening y
Raja GUSTI Satria Saputra | Minggu, 06 November 2022 04:46 WIB
Anak saya juga dah bikin buku rekening ny sampai sekarang belum juga cair sd kelas 6
Restu desta irwansyah | Minggu, 06 November 2022 14:06 WIB
Anak sy peserta kip th 2021 tapi d kip digital anak sy tidak berlaku, apakah itu berarti anak sy bukan lagi jadi anak penerima bantuan pip mohon penjelasannya
Juli indah p | Minggu, 06 November 2022 15:14 WIB
Mohon di tegur penyalur dana PIP kalo dana udah masuk segera di cairkan ke penerima jgn di tahan ....🙏🙏
Ibnu soliqin | Rabu, 09 November 2022 12:43 WIB
Anak sy senenjak duduk d bangku smk sampai sekarang blm menerima dana pip tolong bantuan nya pak saya ...
Supyeti | Sabtu, 12 November 2022 00:31 WIB
Anak saya tahun kemaren Desember 2021 dapat pip tapi sekarang tahun 2022 tidak tolong bantuannya.. Dilihat dicek ada penyalurannya 2022..knapa ya..
Sri wulandari | Rabu, 16 November 2022 16:03 WIB
Anak saya sdh. Verifikasi bln Agustus tapi sampai hari ini saldonya masih nol,kenapa ya
Anak saya sdh verifikasi bln Agustus tapi sampai hati ini saldonya masih nol, kenapa ya | Rabu, 16 November 2022 19:11 WIB
Untuk PIP Agustus, anak saya sudah verifikasi tapi sampai sekarang pun dananya blm cair. Tolong supaya si permudah dan tidak buat bolak balik . Kasian anaknya sekolah terganggu,karena untuk urus hal itu anak juga harus turut serta
Ni Ketut Artini | Kamis, 17 November 2022 22:33 WIB
anak saya sudah aktifasi di Bank bulan september 2022.teman2 seangkatan sudah bisa cair.kenapa anak saya belum,kata Bank dananya belum cair.pihak sekolah juga tidak mendapatkan informasi.Repot juga harus bolak-balik meluangkan waktu ke Bank 🙏🏼.
ASRI FAISOL | Senin, 21 November 2022 08:03 WIB
Saya Rizki Maulana kenapa saya sudah aktivasi rekening dari tahun 2021. Tapi sampai sekarang belum pernah mendapat bantuan pip.kenapa di cek PIP status nya jadi tidak berlaku kenapa .
Rizki maulana | Selasa, 22 November 2022 05:47 WIB
Assalamualaikum.. Anak saya pernah cair pip tahun 2020 dan 2021 tapi kenapa thn 2022 tidak ada, saya coba cek dipenerima pip tidak tertera ditahun 2022, tolong penjelasannya. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih
Malawi | Kamis, 24 November 2022 12:57 WIB
Assalamualaikum Mau tanya,kenapa PIP anak saya pas di cek sudah tidak berlaku Alasan nya apa yah? Anak saya cuma menerima uang pip sekali aja di tahun 2021 Kenapa di tahun 2022 ga pernah dapet lagi Pas di cek malahan sudah tidak berlaku Mohon jawaban nya
Lina | Jum'at, 25 November 2022 17:24 WIB
Saya tahun 2021 bulan maret pip cair hanya 375 smp kls 3 sekarang saya sma kelas x knp pip saya belom cair mohon infonya terima kasih
Fahmi saputra | Jum'at, 25 November 2022 19:11 WIB
Anak saya dapat pip, kartunya pun udah dapat, giliran dicek dibenak, saldonya kok kosong, apakah anak saya terdaftar atau tidak
Futu sonya pradika | Jum'at, 25 November 2022 21:16 WIB
Sama bu sy juga anak saya dari kelas enam SD sampe smp blm cair2 aneh, hrs gimana caranyaaa? tidak ada yg memberitahukan :):):):):)
Bang Atto | Sabtu, 26 November 2022 18:37 WIB
Anak saya SD sampai SMA negeri belum pernah dapat pip
NAOLO ROSSY PAIRING SITINJAK | Minggu, 27 November 2022 16:51 WIB
Assalamualaikum Bu,Bu knpa data PIP ank saya ada,tp bntuan nominalnya TDK ada.jadi kosong.sedangkn temnnya ada..ada apa Bu .tolong penjelasannya pdahal saya mngirus pip dr kls 1 SD,smpe kls 4 kok g da hasilnya.pdahal saya butuh banget dana pndidikan tu.palagi skrg swami saya kerja sepi total.jd tunggakn skolhpun bnyak..tolong Bu bntu saya untuk agar ank saya mendapatkan dana bntuan pndidikn tu.saya sudah ksana kmri Bu ,,tp TDK ada hsil..tolong Bu ,saya bner2 mntak tolong Bu.
ANATASYA PUTRI | Senin, 28 November 2022 11:32 WIB
Waktu SD anak saya dapat kip tapi setelah masuk Mts anak saya tidak pernah dapat lagi padahal saya punya kartu sosial mohon solusinya?
Anak saya punya kartu KIP tapi ko sekarang KIP tidak terdapat kenapa ya? | Kamis, 01 Desember 2022 14:27 WIB
Saya mau bertanya , anak saya ter akhir dapat Pip bln3 th 2022 cair 375000 yang ditanyakan apa bisa cair kembali ,sedangkan di cek status bln nopember berlaku tp di awal desember pip jd tidak valit / tidak berlaku Tolong bapak ,ibu yg berkompeten pencerahannya Anak saya sdh lulus smp dan berlanjut ke smk
Alamsyah | Jum'at, 02 Desember 2022 04:29 WIB
Ditahun 2021 anak saya menerima bantuan pip,kenapa ditahun 2022 tidak pernah lagi mendapatkan beasiswa pip,bagaimana cara agar dapat lagi bantuan pip seterusnya
Noni novalia | Jum'at, 02 Desember 2022 09:41 WIB
Kenapa tahun ini anak saya tidak mendapatkan bantuan PIP?sedangkan tahun kemarin dapat..
Rosita | Jum'at, 02 Desember 2022 14:19 WIB
Kenapa yang sudah terdata pip tidak cair sedang yang baru di cairkan apakah data yang pernah cair 1kali setahun tidak akan cair kembali sedangkan di cek pipinya masih berlku tapi tidak di cairkan saya mohon untuk bank penyalur tolong saldo pip bisa di cek lewat hp
Rosawijaya | Senin, 05 Desember 2022 14:54 WIB
Saya mau naya thn 2021 anak saya mendapat dana pip. Cuma satu kali saja dan sampai sekarang kok blm turun2 ada apakah kendala ya saya mohon penjelasan y
Ilbentradinata | Selasa, 06 Desember 2022 15:48 WIB
Sampai hr ini untuk yg ke 4,ko blm cair,pdhl infonya sampai 4 x pencaiiran
Nidin | Jum'at, 09 Desember 2022 09:03 WIB
Anak saya pernah sekolah di swasta dapat dana pip tapi hanya sekali saja sedangkan teman"nya dapet terus. Sampe pindah ke sekolah ke negri tapi tetep tidak dapat pip padahal pas kelas 1 dapet sekarang sudah kelas 3 dana pip tidak cair" buku rekening dan ATM masih ada
Siti komariyah | Sabtu, 10 Desember 2022 10:50 WIB
Anak saya sudah aktivasi dari bulan Agustus 2022, tapi sampai sekarang saldonya masih nol, kenapa ya bapak/ibu? Mohon pencerahannya
ARIFAN SAPUTRA | Rabu, 14 Desember 2022 16:15 WIB
Anak saya th 2020 pip ny cair..tp stlh smp kok blm da..pdhl kip nya sdh dksihkn dr pihak sd waktu ank saya kls 7..bagaimana agar bisa cair lgi pip ank saya
Sekar ayu puri gayatri | Jum'at, 16 Desember 2022 21:37 WIB
Assalamualaikum BP/ibu sy minta pencerahan nya,kenapa PIP ank sy tidak caer" ya,terakhir dpt pas keluar SMP dan skr masuk SMK sudah kls 11 dan tidak pernah cair" LG pdhl pas masuk SMK SDH mengumpulkan persyaratan dgn lngkp,gimana cara nya biar PIP/KIP ank sy bsa cair LG trimakasih 🙏
BADRIAH | Minggu, 18 Desember 2022 00:57 WIB
Anak sy naik kekelas 10 di smk 3 ko gk dapat setatus berlaku
Naura ovy RAHMALIA | Kamis, 05 Januari 2023 00:51 WIB
Assalamuikum ...pak saya minta penjelasan kenapa PIP anak saya tidak cair padahal tahun 2020 dan 2021 cair, mohon penjelas pak?
Abdul rojak | Jum'at, 13 Januari 2023 06:08 WIB
Anak saya sudah aktifasi rek,pada bulan Agustus,kenapa sampai sekarang dana PIP ny masih belum cair, dari SD pun sudah di mutasi ke SMP nya, bagaimana ini pak?
Januar Ariyani | Sabtu, 14 Januari 2023 15:13 WIB
Anak saya sudah aktifasi rek,pada bulan Agustus,kenapa sampai sekarang dana PIP ny masih belum cair, dari SD pun sudah di mutasi ke SMP nya, bagaimana ini pak?
Januar Ariyani | Sabtu, 14 Januari 2023 15:14 WIB
Anak saya sekolah di smp 10 tambun kabupaten bekasi pip th 2021 keluar dan tahun 2022 tidak keluar sudah aktifasi ke bank BRI katanya suruh ke sekolah tapi kata pihak sekolah katanya memang ngk keluar dari pemerintahnya apakah benar infonya tolong saya orang tua murid merasa ada yg ngk beres dari pihak sekolahnya tolong ditindak kita orang kurang mampu selalu dipermainkan semoga mereka dapat balasannya....aminnn
Putu dhavin | Selasa, 17 Januari 2023 19:18 WIB
Asslamualaikum maapa pa knpa pip ank saya sd ga keluar lgi sedangkn teman2nya pda keluar bru dpat sekali klas 4,waktu dpt taun 2021 tnggl 23 desembar smpay sekarang ga keluar lagi
Tati haryati | Kamis, 19 Januari 2023 09:35 WIB
Pak kenapa PIP anak saya pada blm Maret 2022hanya cair Rp 375 rb apakah nanti bisa cair LG di kls 10 ? Mohon penjelasannya
Lisda sari | Kamis, 19 Januari 2023 15:12 WIB
Sudah aktifasi dibank,sudah dapat kartu ATM tapi saldo PIP anak saya masih kosong,,apa penyebabnya
Sudarta | Jum'at, 20 Januari 2023 19:31 WIB
Pak kenapa PIP anak saya pada blm Maret 2022hanya cair Rp 375 rb apakah nanti bisa cair LG di kls 10 ? Mohon penjelasannya
Lisda sari | Senin, 23 Januari 2023 14:02 WIB
Pak kenapa dana kip anak saya selama di sma tidak masuk seperti sebelum nya ? Kemana harus melaporkan ? Mhon penjelasan trimks
Nursida | Rabu, 08 Maret 2023 15:54 WIB
Pak kenapa dana kip anak saya selama di sma tidak masuk seperti sebelum nya ? Kemana harus melaporkan ? Mhon penjelasan trimks
Nursida | Rabu, 08 Maret 2023 15:54 WIB
Anak saya sudah SMP kls 7 kenapa PIP gak atau belom masuk lagi y ke rekening . Padahal PIP LG SD th 2021 masih aktif , 2022 sampai sekarang saya belom ambil lagi . Pas saya cek belom ada dananya di rekening. Tolong di jelaskan .terimakasih
Sopyah | Rabu, 15 Maret 2023 00:06 WIB
Kok ga cair lagi setahun ini.....
Umar faisol | Selasa, 28 Maret 2023 07:07 WIB
Anak saya dapet kartu pip tp saat itu dicek blm terdaftar di sekolah,bbrp kali dicek di bank saldo 0 trus saya akhirnya tidak aktifasi bank,kmaren saya coba cek lg ternyata saldo 0 padahal tertera bulan November cair....kr2 gmn solusinya yyy
Hariyani | Kamis, 30 Maret 2023 15:43 WIB
kenapa PIP anak saya sejak kelas 1 sma sampai sekarang kelas 2 tidak cair,,,padahal anak saya pemegang KIP
ari | Rabu, 05 April 2023 14:07 WIB
Selamat siang maaf mau bertanya kenapa pip sd anak saya yang keluar 230 ribu padahal seharus nya 450 ribu kah itu kok bisa beda" atau nanti dirafel lagi ya terima kasih mohon pencerahan nya dan di jawab terima kasih
Ani | Rabu, 05 April 2023 17:17 WIB
Selamat siang...mohon maaf saya mau tanya...kenapa pip py anak saya SMP klas 2 tahun ini gk cair.padahal saya cek di aplikasi kartunya masih berlaku🙏🙏🙏🙏
Rini rinawati | Senin, 10 April 2023 11:33 WIB
Assalamualaikum,bpk/ibuk anak saya dr thn 2022 blm keluar PIP nya,dicek tidak berlaku,kmrin ini saya cek lagi tidak melalaikan, apa yg harus saya lakukan,trmksh,,🙏
Adil | Rabu, 12 April 2023 06:08 WIB
Ibu atau bapak mengapa bantuan kip saya tidak cair di tahun 2022,sedangkan di tahun sebelumnya 2021 cair
Arifin | Kamis, 13 April 2023 22:40 WIB
Assalamu alaikum wr.wb. Anak saya 2 tahun yg lalu setiap nulan april dapat pip,,tapi sekarang 2023 dicek status nya BERLAKU tapi saldo kosong,, Mohon penjelasan nya, Terimakasih.
Samsudin | Rabu, 26 April 2023 23:55 WIB
Selamat pagi... Mohon infonya, apakah siswa penerima PIP bisa ikut daftar ke SMA Negeri lewat jalur Afirmasi atau jalur lainnya? mohon penjelasannya... Terima kasih sebelumnya...
Sifa | Kamis, 11 Mei 2023 07:37 WIB
Selamat pagi... Mohon infonya, apakah siswa penerima PIP tahun 2023, bisa ikut daftar ke SMA Negeri lewat jalur Afirmasi atau jalur lainnya? mohon penjelasannya... Terima kasih sebelumnya... Salam dari Bandung
Sifa | Kamis, 11 Mei 2023 07:39 WIB
Anak saya sudah verifikasi no rekening 2022...sampai skrg blm keluar juga
Siti khadijah | Sabtu, 27 Mei 2023 19:03 WIB
assalamualaikum,anak saya dari kelas 1 SD sampai kelas 6 mendapat PIP dan punya buku tabungan juga,tapi mengapa setelah anak saya sekolah di SMP tidak mendapatkan bantuan PIP lagi,apa ada kesalahan data atau bagaimana,mohon penjelasanya.... terima kasih sebelumnya
mariyam | Sabtu, 30 September 2023 18:44 WIB

Tulis Komentar Anda :