FASILITAS KEPABEANAN

Bea Cukai Berikan Fasilitas Kawasan Berikat ke 2 Perusahaan Manufaktur di Jatim

bea cukai kawal ekspor Indonesia ke pasar internasional

By | Jum'at, 02 Juni 2023 15:26 WIB

ilustrasi (foto: Belasting)
ilustrasi (foto: Belasting)

MALANG, BELASTING—Kantor Wilayah (Kanwil) Bea dan Cukai Jawa Timur II memberikan fasilitas kawasan berikat kepada 2 perusahaan manufaktur, PT KSS Indo Apparel dan PT Eagle Sporting Goods.

Kepala Kantor Wilayah Bea dan Cukai Jatim II Agus Sudarmadi berharap dua perusahaan itu dapat memanfaatkan fasilitas dengan baik. Selain itu, dapat menyerap tenaga kerja lebih banyak.

“Kami akan melaksanakan monitoring dan evaluasi untuk menjaga kepatuhan perusahaan, baik secara administratif maupun fisik, guna memastikan tidak ada penyalahgunaan pada fasilitas yang diberikan,” ujarnya, dikutip Jumat (2/6/2023).




Agus menerangkan PT KSS Indo Apparel adalah perusahaan garmen yang memproduksi pakaian jadi dan berada di bawah pengawasan Bea dan Cukai Madiun. Perusahaan itu berlokasi di Magetan, Jawa Timur.

Dia menyebutkan perusahaan tersebut memiliki target untuk menyerap tenaga kerja sebanyak 1.500 karyawan di 2023. Sementara itu, PT Eagle Sporting Goods bergerak dalam bidang industri tas golf.

Agus menuturkan PT Eagle Sporting Goods berlokasi di Nganjuk, Jawa Timur, dan berada di bawah pengawasan Bea dan Cukai Kediri. Dia menjelaskan pada tahun ini, perusahan itu berencana mengembangkan produk berupa backpack, suitcase, shoe bag, sport bag, small pouch dan headcover.



Kakanwil Bea dan Cukai Jatim II juga mengungkapkan insentif fiskal melalui fasilitas kawasan berikat diharapkan bisa mendorong kegiatan ekspor perusahaan. Selain itu, memberikan multiplier effect bagi masyarakat sekitar pabrik.

Adapun kemudahan yang diperoleh perusahaan, yakni mendapat penangguhan bea masuk, tidak dipungut PPN, PPnBM, dan pajak dalam rangka impor, serta pembebasan cukai atas impor barang yang akan diolah.

“Pemberian insentif fiskal bagi perusahaan melalui penerbitan izin kawasan berikat diharapkan dapat mendorong perusahaan untuk terus berkembang dan bersaing di kancah internasional,” kata Agus.



KOMENTAR

Silahkan berikan komentar dengan baik

Tulis Komentar Anda :