PENGEMBANGAN PELABUHAN

Pelindo dan INA Kerja Sama Kembangkan Pelabuhan Belawan, Upaya Saingi Singapura dan Malaysia

Belawan diharap bisa jadi gerbang utama lalu lintas logistik di Selat Malaka.

By | Minggu, 28 Agustus 2022 17:01 WIB

Pelabuhan Belawan, Sumatra Utara (Foto: istimewa).
Pelabuhan Belawan, Sumatra Utara (Foto: istimewa).

JAKARTA, BELASTING—PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) dan Konsorsium Indonesia Investment Authority (INA) menandatangani perjanjian kerja sama untuk mengelola terminal peti kemas Belawan New Container Terminal (BNCT) di pelabuhan Belawan, Sumatra Utara.

Kerja sama pengelolaan BNCT ini berupa pembiayaan untuk meningkatan kapasitas terminal, membangun konektivitas terminal dengan pelabuhan kecil lain, hingga pengembangan kawasan industri di sekitar pelabuhan.

Dari kerja sama ini, diharapkan kapasitas BNCT yang saat ini tercatat hanya 600 ribu TEUs (twenty-foot euivalent unit) bisa meningkat jadi 1,4 juta TEUs dalam enam tahun ke depan.




Dengan pengembangan kapasitas terminal peti kemas sebesar itu, diharapkan pelabuhan Belawan bisa menjadi maritime hub atau gerbang lalu lintas utama di Selat Malaka.

Sayangnya tidak disebutkan berapa jumlah dana yang dikucurkan INA untuk investasi proyek ini.

Menteri Keuangan Sri Mulyani juga sekaligus juga Ketua Dewan Pengarah INA, mengatakan kerja sama itu adalah awal kontribusi konsorsium INA sebagai salah satu sumber alternatif pembiayaan pembangunan.

"Sebagai negara kepulauan, perbaikan konektivitas antarpulau sebagai salah satu bentuk transformasi struktural melalui pembangunan pelabuhan yang efisien dan modern menjadi sangat penting," katanya dalam keterangan tertulis, Kamis (25/8/2022).

Terpisah, Direktur Utama Pelindo, Arif Suhartono, menyampaikan target Pelindo adalah mengembangkan infrastruktur pelabuhan agar lebih terkoordinir.

Dia juga menjelaskan selama ini peran Pelabuhan Belawan lebih menjadi pelabuhan pengumpan barang (feeder) untuk pelabuhan besar lain seperti Port of Singapore (Singapura), Pelabugan Tanjung Pelepas (Johor, Malaysia) dan Pelabuhan Klang (Malaysia)

Dengan kerja sama ini diharap pelabuhan Belawan bisa bertransformasi dan ikut bersaing dengan pelabuhan-pelabuhan besar tersebut.

"Sekaligus diharapkan dapat memperkuat daya saing produk-produk unggulan Pulau Sumatera dan berkontribusi pada penurunan biaya logistik secara bertahap," kata Arif. (bsf)



KOMENTAR

Silahkan berikan komentar dengan baik

Tulis Komentar Anda :