PERMINTAAN DOMESTIK

BI: Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Tetap Kuat

Bank Indonesia memprakirakan pertumbuhan ekonomi 2023 tetap pada kisaran 4,5%-5,3%.

By | Selasa, 07 November 2023 13:03 WIB

Industri logam dasar pada kuartal ketiga 2023 bertumbuh 10,86%. - Foto Kementerian ESDM
Industri logam dasar pada kuartal ketiga 2023 bertumbuh 10,86%. - Foto Kementerian ESDM

BELASTING, Jakarta--Pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap kuat di tengah ketidakpastian kondisi perekonomian global. Permintaan domestik yang solid menjadi penopangnya.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan pertumbuhan ekonomi Indonesia triwulan III 2023 tetap tumbuh kuat sebesar 4,94% (yoy), meskipun sedikit melambat dari pertumbuhan pada triwulan sebelumnya yang sebesar 5,17% (yoy). 

Nita A. Muelgini, Direktur Departemen Komunikasi‚Äč Bank Indonesia (BI), mengatakan bahwa pertumbuhan ekonomi ke depan akan didukung oleh permintaan domestik, baik konsumsi swasta dan pemerintah, maupun investasi. 




"Dengan perkembangan tersebut, Bank Indonesia memprakirakan pertumbuhan ekonomi 2023 tetap pada kisaran 4,5%-5,3%," katanya dalam siaran pers, Senin (6/11/2023).

Pertumbuhan ekonomi yang tetap kuat didukung oleh permintaan domestik yang solid. Konsumsi rumah tangga tumbuh sebesar 5,06% (yoy), seiring dengan kenaikan mobilitas yang terus berlanjut, daya beli masyarakat yang stabil, serta keyakinan konsumen yang masih tinggi. 

Sementara itu, konsumsi pemerintah tumbuh negatif 3,76% (yoy) disebabkan terutama oleh belanja pegawai yang mengalami pergeseran sehubungan penyaluran gaji ke-13 ke triwulan II. 



Pertumbuhan investasi secara keseluruhan meningkat menjadi 5,77% (yoy) seiring dengan berlanjutnya pembangunan infrastruktur pemerintah di berbagai wilayah Indonesia, termasuk proyek pembangunan infrastruktur di Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur. 

Sementara itu, meski ekspor secara keseluruhan terkontraksi sebesar 4,26% (yoy) akibat turunnya ekspor barang sejalan dengan perlambatan ekonomi global, ekspor jasa tetap tumbuh kuat didukung kenaikan kunjungan wisatawan mancanegara.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang tetap kuat juga tercermin dari sisi lapangan usaha dan spasial. 

Secara lapangan usaha (LU), sebagian besar LU pada triwulan III 2023 tetap mencatat pertumbuhan positif, terutama ditopang oleh industri pengolahan, perdagangan besar dan eceran, serta konstruksi. 

"Lapangan usaha utama, yaitu lapangan usaha dengan kontribusi besar terhadap PDB antara lain industri pengolahan, pertanian, perdagangan, pertambangan dan konstruksi melanjutkan tren pertumbuhan yang positif," kata Amalia Adininggar Widyasanti, Plt Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Senin (6/11/2023). 

Pertumbuhan lapangan usaha utama tersebut ditopang permintaan domestik yang tetap kuat, termasuk pembangunan infrastruktur pemerintah di berbagai wilayah.

Industri barang logam; komputer; barang elektronik; optik; dan peralatan listrik yang mengalami pertumbuhan hingga 13,68%. Peningkatan terjadi terutama pada produksi barang logam. 

Selanjutnya industri logam dasar tumbuh 10,86%, didorong permintaan luar negeri terutama untuk produk ferronickel dan nickel matte

Penopang pertumbuhan lainnya adalah subsektor industri alat angkutan yang bertumbuh 7,31%, terutama dengan adanya peningkatan produksi sepeda motor. 

Subsektor industri barang galian bukan logam juga bertumbuh positif sebesar 7,20% dengan meningkatnya permintaan domestik, terutama untuk produk semen.

Sementara secara spasial, pertumbuhan ekonomi triwulan III 2023 yang tetap kuat juga terjadi di seluruh wilayah Indonesia. Pertumbuhan ekonomi tertinggi tercatat di wilayah Sulawesi-Maluku-Papua (Sulampua), Jawa, Kalimantan, Sumatera, dan Bali-Nusa Tenggara (Balinusra).



KOMENTAR

Silahkan berikan komentar dengan baik
Mempunyai skor kredit yang rendah? Sukar untuk mendapatkan pinjaman modal daripada bank tempatan dan institusi kewangan lain? e-mel kami atau isi borang kami sekarang untuk memohon katiedan336@gmail.com https://forms.office.com/r/KHBViwsUxW?origin=lprLink
Pst. Abdul | Selasa, 07 November 2023 20:02 WIB

Tulis Komentar Anda :