JEMAAH HAJI

Ingat, Jemaah Haji Dilarang Bawa Air Zamzam di Bagasi

Jika ada air Zamzam yang dimasukkan ke dalam bagasi, akan langsung disita oleh petugas bandara. 

By | Jum'at, 15 Juli 2022 17:56 WIB

Menag Yaqut Cholil Qoumas (foto: kemenag)
Menag Yaqut Cholil Qoumas (foto: kemenag)

JAKARTA, BELASTING—Jemaah haji yang hendak kembali ke Tanah Air diingatkan untuk tidak memasukkan air Zamzam ke dalam tas bagasi.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan jika ada air Zamzam yang dimasukkan ke dalam bagasi, akan langsung disita oleh petugas bandara. 

"Saya mendengar masih ada tas yang membawa Zamzam di koper bagasi. Itu tidak boleh, sehingga akan dikeluarkan petugas," kata Menag, usai melepas kepulangan jamaah haji Kloter 2 Embarkasi Solo (SOC 2) di Bandara Jeddah, Jumat (15/7/2022).




Menag meminta jamaah tidak perlu khawatir terkait air Zamzam, sebab jamaah akan mendapatkannya setibanya di asrama haji.

"Air Zamzam tidak usah khawatir, sudah disiapkan di Tanah Air. Kalau ada yang tidak dapat, datangi Kemenag setempat. Insya Allah akan disiapkan," ujar Menag.

Dari data yang diterima Kemenag, masih banyak jemaah yang membawa air Zamzam langsung dari Tanag Suci. Salah satunya dari SOC 4 dimana petugas menemukan  297 koper yang terindikasi air Zamzam dari 360 koper jamaah, sehingga harus dibongkar kembali.



Berdasarkan aturan keselamatan penerbangan tidak boleh memasukkan air Zamzam ke dalam koper bagasi. Aturan tersebut juga sesuai ketentuan dari edaran yang dikeluarkan oleh General Authority of Civil Aviation (GACA).

Jamaah masih mencoba membawa Zamzam dalam koper dengan berbagai cara, seperti ditutupi menggunakan lakban dan dibungkus di dalam baju. (sds)



KOMENTAR

Silahkan berikan komentar dengan baik

Tulis Komentar Anda :