METAVERSE

Sandiaga: Metaverse Bakal jadi Masa Depan Internet dan Kehidupan Virtual

Pemerintah mendorong akselerasi digital melalui pemasaran produk-produk lokal lewat metaverse.

By | Kamis, 18 Agustus 2022 11:45 WIB

ilustrasi
ilustrasi

JAKARTA, BELASTING—Pemerintah mendorong akselerasi digital melalui pemasaran produk-produk lokal lewat metaverse.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan Metaverse memiliki potensi besar pada masa depan.

"Pemasaran melalui metaverse ini menjadi keniscayaan seiring semakin terakselerasi digitalisasi dengan potensi yang sangat besar," ujar Sandiaga Uno dalam keterangan pers, Kamis (18/8/2022).




Menurut Sandiaga, Bloomberg telah memproyeksikan metaverse akan menjadi masa depan internet dengan nilai yang ditaksir mencapai 800 miliar dolar AS pada 2024, dan pada 2026 bakal ada 25 persen dari populasi dunia menghabiskan waktu sekitar satu jam sehari di metaverse.

"Berarti mereka akan bekerja, berbelanja, mengakses pendidikan, melakukan perawatan kesehatan, dan kegiatan apapun termasuk pariwisata dan ekonomi kreatif di metaverse. Ada di dalam ruang meta yang tentunya harus kita lakukan langkah-langkah terobosan dari empat tahun sebelum itu," kata Sandiaga.

Dengan potensi yang besar, Metaverse bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang melek teknologi. Sehingga pemerintah harus sudah siap dalam menyiapkan arsitektur pendukung guna memfasilitasi semua pihak. 



Menurutnya, sesuai arahan Presiden Joko Widodo, bahwa transformasi digital termasuk metaverse wajib mendorong kedaulatan dan kemandirian digital Indonesia.

“Dalam transformasi ini, jangan sampai justru kita menjadi tamu di tanah kita sendiri. Bagaimana kita bisa menghadirkan konten-konten kreatif dan kekuatan digitalisasi kita berdasarkan Pancasila dan kebhinekaan dengan tentunya berakar pada kearifan lokal yang kita miliki," ucapnya.

Karena itu, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menghadirkan platform "WonderVerse Indonesia" dalam upaya mempromosikan pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) Indonesia secara interaktif digital.

Pengembangan dunia meta (metaverse) "WonderVerse Indonesia” berkolaborasi dengan PT. Magnus Digital Indonesia yang ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Pelaksana Tugas (Plt) Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf Ni Wayan Giri Adnyani dengan Chief Executive Officer (CEO) Magnus Digital Indonesia Hendra Liman.

Dia mengharapkan platform “WonderVerse Indonesia” menjadi game changer dalam promosi parekraf Indonesia ke depan.

Saat ini, kata Hendra, MetaVerse Indonesia masih dalam tahap penyempurnaan dan mulai bisa diakses di kuartal IV-2022. (sds)



KOMENTAR

Silahkan berikan komentar dengan baik

Tulis Komentar Anda :