KESEHATAN

Kadar Asam Urat Bisa Turun dengan Minuman Ini

Asam urat dalam darah menyebabkan sensasi tak nyaman hingga nyeri pada persendian. 

By | Kamis, 25 Agustus 2022 17:26 WIB

ilustrasi
ilustrasi

JAKARTA, BELASTING—Asam urat dalam darah menyebabkan sensasi tak nyaman hingga nyeri pada persendian. 

Penyakit asam urat merupakan kondisi yang dapat menyebabkan gejala nyeri yang tak tertahankan, pembengkakan, serta adanya rasa panas di area persendian. 

Rasa sakit yang dialami pengidap asam urat dapat berlangsung selama rentang waktu 3-10 hari. 




Ada beberapa hal yang menyebabkan asam urat diantaranya memiliki keluarga yang mengidap asam urat serta sering mengonsumsi makanan dengan kandungan purin tinggi seperti daging dan jeroan hewan.

Untuk menurunkan kadar asam urat ada beberapa minuman yang bisa Anda konsumsi, diantaranya: 

1.  Campuran cuka apel, lemon dan kunyit



Cuka apel memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah menurunkan asam urat tinggi. Tidak hanya cuka apel, lemon dan kunyit juga memiliki khasiat menurunkan asam urat tinggi asal dikonsumsi rutin sesuai takaran. 

Cara membuat minuman ini cukup mudah. Campurkan satu setengah perasan lemon ke dalam air hangat. Kemudian masukkan 2 sendok teh kunyit bubuk dan 1 sendok teh cuka apel. Minuman ini dapat dikonsumsi dua sampai tiga kali dalam sehari.

2. Jus mentimun

Mentimun merupakan salah satu jenis buah yang sangat rendah purin. Ketika dibuat minuman, khasiatnya cukup ampuh dalam mencegah dan mengatasi asam urat. 

Selain itu, mentimun juga mengandung kadar air yang tinggi. Kandungan ini dapat membantu meluruhkan asam urat melalui urine yang terbuang.

3. Minuman jahe

Jahe termasuk rempah yang sering digunakan sebagai ramuan herbal untuk mengatasi peradangan dan menurunkan kadar asam urat. Mengonsumsi jahe secara rutin ternyata bisa menurunkan kadar asam urat.

Membuat minuman jahe pun sangat mudah, dengan merebus jahe yang sudah dibersihkan dan dimemarkan selama 10 menit. Minuman ini dapat dikonsumsi tiga kali dalam sehari.

Namun, mengonsumsi jahe secara berlebihan juga bisa menimbulkan efek samping bagi sebagian orang. Hendaknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter terkait mengonsumsi jahe dalam jangka panjang. (sds)



KOMENTAR

Silahkan berikan komentar dengan baik

Tulis Komentar Anda :