MUSIM HUJAN

Cegah Penyakit Saat Musim Hujan dengan Cara Ini

Untuk melindungi diri dari serangan penyakit, ada baiknya mulai menjaga imun tubuh

By | Rabu, 05 Oktober 2022 12:02 WIB

ilustrasi
ilustrasi

JAKARTA, BELASTING—Awal musim hujan di beberap wilayah di Indonesia telah tiba. Sejumlah tempat bahkan sudah diguyur hujan lebat yang mengakibatkan banjir.

Memasuki musim hujan biasanya muncul sejumlah penyakit. Untuk melindungi diri dari serangan penyakit, ada baiknya mulai menjaga imun tubuh dan mengenali beberapa jenis penyakit yang biasanya muncul di musim hujan.

Dikutip dari Bangkok Pattaya Hospital, penyakit yang paling umum muncul ketika musim hujan adalah pilek dan flu. Pilek umumnya tidak mengakibatkan masalah kesehatan yang serius, seperti pneumonia, infeksi bakteri atau rawat inap.




Namun, genangan air juga bisa menyebabkan kolera, yakni penyakit bakteri yang menyebabkan diare berat dan dehidrasi, biasanya menyebar di dalam air.

Kemudian, leptospirosos, penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri yang dapat dibawa oleh manusia atau hewan. Bentuknya yang parah dapat merusak ginjal, hati, meningitis, dan gagal napas.

Berikut cara menghindari sakit saat musim hujan:



Bawa Perlengkapan Hujan

Memasuki musim hujan ada baiknnya menyiapkan diri dengan perlengkapan hujan. Payung dan jas hujan sebaiknya dibawa kemana-mana. Bagi pengendara motor, membawa jas hujan wajib hukumnya agar saat hujan tidak langsung terpapar air hujan.

Alangkah baiknya persiapkan boot karet untuk melindungi kaki dari paparan air hujan dan kotoran sisa air hujan. 

Sediakan Vitamin C

Mengkonsumsi vitamin C saat musim hujan ampuh untuk menjaga imunitas tubuh. Asupan vitamin C ampuh untuk menangkal virus flu. Jika bersin-bersin, sebaiknya segera menkonsumsi multivitamin. 

Pasokan vitamin dapat meningkatkan antibodi sekaligus mengurangi keparahan pilek.

Banyak Minum Air Putih

Asupan air dapat berkurang secara alami karena penurunan suhu lingkungan secara tiba-tiba. Disarankan untuk banyak minum air putih dan jangan sampai menunggu haus. Sebab, air putih diyakini dapat membantu Anda mengeluarkan racun dari tubuh.

Air hangat juga diperlukan ketika abis hujan-hujannya. Tujuannya agar badan menjadi hangat sekaligus menjaga agar tidak dehidrasi.

Mandi Setelah Terkena Air Hujan

Setelah terkena air hujan alangkah baiknya langsung mandi. Selain untuk membasuh kotoran, selepas mandi badan akan bugar.

Selain itu juga untuk menghindari adanya bakteri yang dapat menimbulkan penyakit. (sds)



KOMENTAR

Silahkan berikan komentar dengan baik

Tulis Komentar Anda :