TANDA KOLESTEROL

Waspada Tanda Kolesterol Tinggi Penyebab Stroke dan Jantung

Kolesterol tinggi bisa menyebabkan sumbatan dalam pembuluh darah yang mengakibatkan stroke

By | Kamis, 06 Oktober 2022 12:34 WIB

Salah satu tanda koleksterol yakni tangan mudah kesemutan saat beraktifitas (foto:  istimewa)
Salah satu tanda koleksterol yakni tangan mudah kesemutan saat beraktifitas (foto: istimewa)

JAKARTA, BELASTING—Kolesterol tinggi bisa menyebabkan sumbatan dalam pembuluh darah yang mengakibatkan munculnya masalah pada jantung atau stroke.

Jika gejala kolesterol ini dibiarkan dan tetap tidak menjaga pola makan dan gaya hidup, bisa saja sewaktu-waktu akan mengakibatkan masalah jantung dan stroke.

Influencer Education Health Lifestyle, dr. Saddam Ismail mengatakan, perlu adanya edukasi untuk mengenal gejala kolesterol. 




Sebab, jika tanda-tanda kolesterol tinggi ini tidak diketahui akan berbahaya bagi tubuh.

Berikut tanda-tanda kolesterol tinggi:

Tangan dan kaki mudah kesemutan



Menurut Saddam Ismail, saat kolesterol naik maka tangan dan kaki penderita mudah kesemutan. Tak hanya itu, penderita akan merasakan nyeri, ngilu atau rasa tidak nyaman saat menggerakkan kaki atau berjalan.

"Ketika kadar kolestrol tinggi, bisa mempersempit pembuluh darah arteri yang menyuplai area kaki sehingga jaringan-jaringan yang terdapat di kaki akan kekurangan nutrisi, suplai darah, dan oksigen. Jangan heran jika kaki ataupun area tangan sering kesemutan atau bahkan panas, itu pertanda kolestrol Anda tinggi," ujar kata Saddam.

Otot mudah lelah

Kondisi ini disebabkan adanya penyempitan di arteri sehingga membuat otot kekurangan nutrisi dan suplai oksigen. Sehingga ketika melakukan aktivitas fisik seperti berjalan, berlari ataupun naik turun tangga, tidak maksimal.

Badan gampang lelah

Salah satu pertanda kolesterol sedang tinggi yakni badan jadi mudah lelah. Hal ini terjadi karena tubuh kekurangan suplai darah dan oksigen sebagaimana mestinya, sehingga ketika melakukan aktivitas menjadi kurang optimal.

Xanthoma

Ini adalah tanda-tanda ketika muncul benjolan di bawah kulit seperti di siku, lutut, dan khususnya di bagian persendian. Namun, bisa juga di daerah lain, seperti di tangan, kaki dan pantat.

Saat disentuh, xanthoma bertekstur bulat atau berbentuk benjolan dan tidak nyeri. Sementara untuk ukurannya bisa berbeda-beda, mulai dari kecil hingga besar.

Dada terasa nyeri

Nyeri dada khususnya dada sebelah kiri merupakan salah satu komplikasi yang diakibatkan kadar kolesterol tinggi. Sebab, saat kadar kolesterol dalam darah tinggi, pembuluh darah akan menyempit begitu juga pembuluh darah di jantung yang menyuplai otot jantung.

"Kalau Anda mengalami nyeri dada khususnya sebelah kiri sampai menembus ke belakang menjalar ke tangan sampai ke leher, sebaiknya langsung bawa ke dokter," katanya.



KOMENTAR

Silahkan berikan komentar dengan baik

Tulis Komentar Anda :