HUKUM PIDANA

KPK Kembali Sidik Dugaan Korupsi di Kantor Pajak

Lembaga antirasuah kembali membongkar dugaan korupsi di kantor pajak Jatim

By | Jum'at, 05 Agustus 2022 14:16 WIB

Plt Jubir KPK Ali Fikri (tangkapan layar)
Plt Jubir KPK Ali Fikri (tangkapan layar)

JAKARTA,BELASTING - Kasus pegawai Ditjen Pajak (DJP) yang tersangkut upaya hukum Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali bertambah.

Plt Jubir KPK Ali Fikri mengatakan KPK telah melakukan upaya penyelidikan terhadap dugaan korupsi yang dilakukan pada lingkungan KPP Pratama Pare, Jawa Timur. Kasus terbaru berkaitan dengan pengembalian pajak atau restitusi dari pembangunan jalan Tol Solo-Kertosono.

Menurutnya, KPK sudah merampungkan proses penyelidikan dan saat ini kasus sudah naik pada tahap penyidikan. KPK disebut telah mengantongi dua alat bukti permulaan untuk membongkar kasus pajak terbaru ini.




"Kemudian ditemukan adanya dua bukti permulaan yang cukup sehingga KPK saat ini telah meningkatkan pada proses penyidikan atas dugaan korupsi berupa suap oleh pegawai pajak terkait pembayaran restitusi pajak pembangunan jalan Tol Solo-Kertosono pada kantor pajak di Pare Jatim," katanya dalam keterangan video dikutip pada Jumat (5/8/2022).

Namun demikian, Ali Fikri belum lebih jauh menjelaskan siapa saja yang terlibat dalam kasus dugaan korupsi oleh pagawai pajak di Jawa Timur. Menurutnya, proses penyidikan masih terus berjalan.

Dia menyebutkan belum ada pegawai DJP yang ditahan KPK terkait kasus dugaan korupsi restitusi pajak pembangunan jalan Tol Solo-Kertosono. Proses hukum akan berjalan paralel dengan upaya penyidikan KPK.



Dia memastikan publik akan mengetahui perkembangan terbaru dari kasus dugaan korupsi pegawai DJP. Akses publik untuk memastikan tugas KPK berada pada koridor transparansi dan memegang prinsip akuntabel.

"Terkait dengan siapa saja yang telah ditetapkan sebagai tersangka tentu saja kami sampaikan nanti setelah penyidikan cukup dan kemudian kami lakukan upaya paksa penahanan terhadap pihak pihak yang telah ditetapkan sebagai tersangka di maksud," imbuhnya.



KOMENTAR

Silahkan berikan komentar dengan baik

Tulis Komentar Anda :