HUKUM PERPAJAKAN

Susun Kajian Profiling Sengketa, Sekretariat Pengadilan Pajak Gandeng DJP dan DJBC

Hasil kajian ditargetkan selesai maksimal bulan depan

By | Minggu, 22 Januari 2023 16:14 WIB

ilustrasi (foto: Belasting)
ilustrasi (foto: Belasting)

JAKARTA,BELASTING - Sekretariat Pengadilan Pajak (Set PP) Kemenkeu membuat kajian profiling sengketa yang masuk ke pengadilan.

Pembuatan kajian profiling sengketa pajak melibatkan unit kerja Kemenkeu yang paling banyak beracara di pengadilan, yaitu Ditjen Pajak (DJP) dan Ditjen Bea Cukai (DJBC).

"Aksi profiling sengketa pajak merupakan aksi penting bagi penanganan sengketa," tulis Set PP Kemenkeu dikutip Minggu (22/1/2023).




Penyusunan kajian profiling sengketa pajak dilakukan dengan membuat focus group discussion (FGD) bersama DJP dan DJBC. Pada Desember 2022 dilakukan FGD terkait dengan perlakuan PPN dalam sengketa di pengadilan pajak.

Sekretariat menargetkan laporan hasil kajian profiling sengketa pajak selesai pada kuartal I/2023. Penyampaian paling cepat dilakukan pada bulan ini.

"Penyusunan Laporan Kajian Profiling Sengketa sendiri akan disampaikan pada Bulan Januari atau Februari 2023," tulis Set PP Kemenkeu.



Aksi profiling sengketa pajak menjadi salah satu dari agenda transformasi pengadilan pajak yang dilakukan sepanjang 2022. Selain itu, Set PP Kemenkeu tengah dalam proses penyelesaian aplikasi e-tax court.

Aplikasi tersebut akan membuat proses bisnis sengketa di pengadilan pajak makin sederhana dengan menggunakan layanan elektronik. Penggunaan berkas fisik juga akan dikurangi secara signifikan melalui aplikasi e-tax court yang ditargetkan beroperasi pada April 2023. (das)



KOMENTAR

Silahkan berikan komentar dengan baik

Tulis Komentar Anda :