SATGAS BLBI

Punya Banyak PR, Masa Tugas Satgas BLBI Perlu Diperpanjang

Kinerja belum 50%, masa tugas satgas selesai akhir 2023

By | Rabu, 07 Juni 2023 09:35 WIB

ilustrasi gedung Kementerian Keuangan (foto: Kemenkeu)
ilustrasi gedung Kementerian Keuangan (foto: Kemenkeu)

JAKARTA, BELASTING—Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sekata dengan Ketua Satgas BLBI yang meminta perpanjangan masa kerja Satgas Penanganan Hak Tagih Negara Dana BLBI.

Satgas BLBI mulai bekerja April 2021, dan akan berakhir pada 31 Desember 2023. Mengingat hal itu, Sri Mulyani meminta perpanjangan masa kerja kepada Menko Polhukam Mahfud MD selaku pengarah pertama Satgas BLBI.

“Jadi kalau bisa mungkin diperpanjang Pak Mahfud, nanti bapak memutuskan, saya ikut saja dan membiayai jelas itu,” ujarnya dalam acara Serah Terima Aset Eks BLBI, Selasa (6/6/2023).




Sri Mulyani menilai kerja sama Satgas BLBI bagus untuk melindungi dan mengembalikan hak negara. Terlebih lagi menurutnya, animo penyelesaian terhadap aset eks BLBI sedang memuncak.

Dia mencontohkan kini aset eks BLBI dihibahkan dan dimanfaatkan oleh sederet Kementerian/Lembaga dan pemda. Dia menganggap itu sebagai hal yang positif, karena aset tidak terlantar dan lebih berfungsi.

Kendati demikian, Menkeu selaku salah satu tim pengarah turut menyoroti kinerja Satgas BLBI yang belum optimal. Terhitung hingga 30 Mei 2023, Satgas BLBI baru mengumpulkan Rp30,65 triliun dari target senilai Rp110 triliun.



Sri Mulyani menyebut capaian itu belum menyentuh 50%. Padahal masa kerja tim Satgas BLBI tersisa 6 bulan lagi. Itu juga yang menjadi pertimbangan Menkeu untuk menambah masa kerja Satgas BLBI.

“Jadi mohon Pak Mahfud supaya tetap nyabetin semua Satgas-nya, supaya bisa mencapai target. Tadi secara implisit tim juga merasa momentumnya sedang naik, jadi kalau bisa mungkin diperpanjang [masa tugasnya] pak,” tutur Menkeu.

Sebelumnya, Ketua Satgas BLBI Rionald Silaban juga mengutarakan keinginan untuk memperpanjang masa kerja. Dia mengatakan satgas diperlukan untuk bekerja sama menyelesaikan tunggakan para obligor BLBI yang lebih dari 24 tahun.

Dia menilai kerja sama Satgas BLBI sudah berjalan dengan baik selama mulai dari masa pembentukan satgas. Namun dia merasa Satgas BLBI membutuhkan waktu yang lebih panjang.

“Kami berpendapat kiranya masa satgas ini boleh diperpanjang. Tentu kami akan menyerahkan keputusannya kepada pengarah,” ungkap Rionald.

 



KOMENTAR

Silahkan berikan komentar dengan baik

Tulis Komentar Anda :