EDUKASI PAJAK

DJP Gandeng Unpad Jadi Mitra Inklusi Sadar Pajak

Kalangan kampus dilibatkan untuk membumikan pajak kepada masyarakat luas

By | Senin, 29 Agustus 2022 16:48 WIB

Ilustrasi (foto: Belasting)
Ilustrasi (foto: Belasting)

JAKARTA,BELASTING - Unit vertikal Ditjen Pajak (DJP) di Jawa Barat menjalin kerja sama dengan kampus dalam edukasi perpajakan.

Kanwil DJP Jabar I bekerja sama dengan Universita Padjajaran (Unpad) dalam bidang edukasi perpajakan. Akademisi Unpad akan terlibat aktif dalam upaya meningkatkan kesadaran pajak di Jabar.

"Sadar dan patuh pajak adalah salah satu bentuk bela negara tanpa senjata,” ujar Kepala Seksi Bimbingan Penyuluhan dan Pengelolaan Dokumen Kanwil DJP Jawa Barat I Oki Rusdyar Kashmirputra dikutip Senin (29/8/2022).




Kerja sama antara Kanwil DJP Jabar I dan Unpad melibatkan lintas disiplin ilmu. Kerja sama menyertakan Pusat Inovasi Pengajaran dan Pembelajaran Unpad, Fakultas Hukum dan Direktorat Pendidikan dan Internasionalisasi Unpad.

Oki  menuturkan bahwa Program Inklusi Kesadaran Pajak dalam pendidikan ditujukan kepada peserta didik dengan mengintegrasikan materi Inklusi Kesadaran Pajak yang merupakan muatan Kesadaran Pajak yang disisipkan dalam kurikulum pendidikan. Materi atau bahan ajar dapat disusun oleh DJP dan atau atau Mitra Inklusi dalam kegiatan pembelajaran para peserta didik.

"Inklusi pajak dapat diimplementasikan di awal tahun pembelajaran pada saat tahap persiapan bersama (TPB)  di mata kuliah wajib umum (MKWU)," paparnya.



Dosen Hukum Pajak Unpad Dewi Kania kerja sama dengan DJP menjadi tahap awal kegiatan Tax Center Unpad. Dia berharap kerja sama dapat terus meningkat ke depan dalam program inklusi kesadaran pajak.

"Tax Center UNPAD yang berdiri tahun 2007 merupakan tax center pertama yang ada di Indonesia. Semoga dengan kegiatan ini menjadi momentum  yang tepat agar kerja sama  Tax Center UNPAD serta sinergi dengan Kanwil DJP Jawa Barat I semakin optimal," papar Dewi. (das)



KOMENTAR

Silahkan berikan komentar dengan baik

Tulis Komentar Anda :