ADMINISTRASI PAJAK

DJP Latih Relawan Pajak Asistensi Lapor SPT Tahunan 2023

Musim pelaporan SPT Tahunan segera tiba, relawan pajak dibekali ilmu dan kompetensi

By | Senin, 12 Desember 2022 17:20 WIB

Ilustrasi relawan pajak (foto: DJP)
Ilustrasi relawan pajak (foto: DJP)

JAKARTA,BELASTING - Unit vertikal Ditjen Pajak (DJP) mulai melakukan persiapan menyambut musim pelaporan SPT Tahunan yang sudah dimulai pada Januari 2023.

Salah satunya dilakukan oleh KPP Pratama Jombang, Jawa Timur. Kantor pajak Jatim ini memberikan pelatihan kepada relawan pajak dari  Tax Center Dewantara dari STIE PGRI Dewantara.

"Dimohon adik-adik tahun depan bisa membantu pelaporan SPT Tahunan, makanya hari ini dimanfaatkan untuk menyerap ilmu sebaik-baiknya," kata Kepala Seksi Pelayanan KPP Pratama Jombang Arif Mustofa dikutip Senin (12/12/2022).




Sebanyak 20 orang relawan pajak mendapatkan pelatihan tatap muka di KPP Pratama Jombang. Para relawan ini dipersiapkan untuk bertugas memberikan asistensi kepada wajib pajak saat pelaporan SPT Tahunan tiba.

Para relawan pajak yang merupakan mahasiswa STIE PGRI Dewantara diharapkan bisa  mengaplikasikan ilmu seputar perpajakan melalui bidang keilmuan yang sudah dipelajari di perkuliahan.

Proses pelatihan dimulai dengan emaparan materi perpajakan. Kemudian  relawan pajak diberikan kesempatan untuk terjun langsung memberikan asistensi pelaporan SPT Tahunan kepada wajib pajak yang terdaftar di KPP Pratama Jombang.



Masing-masing kelompok memberikan layanan kepada satu wajib pajak. Proses asistensi tentunya didampingi oleh satu penyuluh pajak.

"Wajib pajak yang dilayani bermacam-macam ada yang seorang pedagang, seorang karyawan swasta yang melaporkan SPT Tahunan baik secara online ataupun manual hingga pengurus lembaga yang ingin mendaftarkan diri untuk memiliki NPWP lembaganya," ulasnya. (das)



KOMENTAR

Silahkan berikan komentar dengan baik

Tulis Komentar Anda :