CACAR MONYET

Komisi Eropa Sarankan Vaksin Imvanex untuk Tangkal Cacar Monyet

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan wabah cacar monyet sebagai darurat kesehatan global.

By | Rabu, 27 Juli 2022 12:09 WIB

ilustrasi
ilustrasi

JAKARTA, BELASTING-Komisi Eropa memberikan izin edar untuk vaksin perusahaan farmasi Denmark Bavarian Nordic yang digunakan untuk melawan virus cacar monyet.

Juru Bicara Badan Eksekutif UE Stefan de Keersmaecker mengatakan cacar monyet atau monkeypox telah menjangkiti sebagian negara Eropa. 

"Komisi Eropa menyetujui perpanjangan lisensi pemasaran vaksin Imvanex," kata Stefan de Keersmaecker dikutip Rabu (27/7/2022).




European Medicines Agency (EMA) merekomendasikan persetujuan minggu lalu setelah penilaian ilmiahnya menyimpulkan bahwa Imvanex, yang awalnya dikembangkan untuk melawan cacar, juga efektif untuk melindungi orang dewasa dari virus cacar monyet.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan wabah cacar monyet sebagai darurat kesehatan global.

Menurut data statistik WHO, Virus ini telah mempengaruhi lebih dari 16.000 orang di 75 negara sejak Mei.



Cacar monyet adalah virus yang menyebabkan penyakit dengan gejala yang mirip dengan cacar, termasuk demam, ruam, dan pembengkakan kelenjar getah bening.

Penularan dari manusia ke manusia terbatas, tetapi dapat ditularkan melalui kontak dengan cairan tubuh, lesi kulit, atau permukaan mukosa internal, seperti di mulut atau tenggorokan, tetesan pernapasan, dan benda yang terkontaminasi.

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menyatakan di Indonesia cacar monyet belum terdeteksi. Sebanyak 9 pasien dengen suspect cacar monyet setelah spesimen di teliti di laboratorium hasilnya negatif.

Meski demikian, Kemenkes tetap waspada dengan keberadaan cacar monyet ini. (sds)



KOMENTAR

Silahkan berikan komentar dengan baik

Tulis Komentar Anda :