VAKSINASI ANAK

Vaksin Pfizer-BioNTech Bisa Digunakan untuk Balita

Vaksin tersebut memperoleh Izin Penggunaan Darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) AS

By | Kamis, 25 Agustus 2022 11:53 WIB

ilustrasi
ilustrasi

JAKARTA, BELASTING-Peneliti menyampaikan Vaksin Covid-19 Pfizer-BioNTech dilaporkan 73 persen efektif dalam melindungi anak-anak berusia 6 bulan hingga 4 tahun.

Vaksin tersebut memperoleh Izin Penggunaan Darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) Amerika Serikat untuk kelompok usia tersebut pada 17 Juni lalu.

Para partisipan dalam studi tersebut menerima antara tiga dosis berisi 3 mikrogram vaksin Pfizer-BioNTech atau pil plasebo.




"Kemanjuran vaksin mencapai 73,2 persen di kalangan anak-anak berusia 6 bulan hingga 4 tahun yang tidak terbukti pernah terinfeksi Covid-19 sebelumnya, menurut hasil yang diumumkan oleh kedua perusahaan itu," tulis laporan yang diumumkan oleh Pfizer, Selasa (23/8) lalu.
.
Dalam laporan tersebut mengonfirmasi bahwa tiga dosis berisi 3 mikrogram vaksin COVID-19 kami memberikan perlindungan tingkat tinggi bagi anak-anak ketika galur Omicron BA.2 merajalela.

"Dengan profil keamanan yang baik, kami juga mengembangkan vaksin bivalen yang diadaptasi dari Omicron BA.4/BA.5 untuk kelompok usia ini guna mengatasi subvarian tersebut," ujar Ugur Sahin, CEO sekaligus salah satu pendiri BioNTech.

Dengan laporan ini, terbuka peluang bagi balita di Indonesia untuk dilakukan vaksinasi menggunakan vaksin Pfizer.



Presiden Jokowi sebelumnya meminta agar Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengupayakan untuk dilakukan vaksinasi bagi anak-anak termasuk peluang dilakukan vaksinasi booster untuk mempercepat imunitas. (sds)



KOMENTAR

Silahkan berikan komentar dengan baik

Tulis Komentar Anda :