KESEMPATAN KARIER

Rekrutmen CPNS Kembali Dibuka, Ini Formasi Prioritas yang Banyak Dibutuhkan

Pintu menjadi abdi negara kembali dibuka pemerintah pada tahun ini

By | Selasa, 31 Januari 2023 13:19 WIB

Ilustrasi ASN (foto: freepik)
Ilustrasi ASN (foto: freepik)

JAKARTA,BELASTING - Pemerintah tengah menggodok rencana rekrutmen calon aparatur sipil negara (CASN) tahun anggaran 2023.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas mengatakan rekrutmen CASN tahun ini bersamaan dengan rekrutmen pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

"Seleksi tahun ini juga akan dibuka untuk umum, tidak hanya dari jalur sekolah kedinasan," katanya Selasa (31/1/2023).




Anas menjelaskan rekrutmen CASN 2023 dilakukan secara selektif dan terbatas, meskipun terbuka untuk peserta umum. Beberapa formasi jabatan menjadi prioritas pemerintah untuk menjaring pegawai baru tahun ini.

Prioritas pertama adalah untuk memenuhi kebutuhan tenaga kesehatan dan pendidikan. Kemudian prioritas selanjutnya adalah merekrut SDM yang mempunyai kemampuan di ranah digital.

"Namun, pemerintah juga memberi prioritas kepada talenta digital sebagai bentuk transformasi digitalisasi yang kini sedang dijalankan dalam kerangka arsitektur sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE). Formasi juga akan dibuka hakim, jaksa, dosen, serta tenaga teknis tertentu lainnya," ulasnya.



Menpan memaparkan instansi pemerintah saat ini dalam proses persiapan pengusulan formasi. Rekrutmen CASN 2023, lanjut Anas, juga mempertimbangkan sejumlah variabel tertentu, seperti indikator jumlah PNS yang pensiun dan pemenuhan sumber daya manusia (SDM) guna mendukung program strategis nasional, termasuk letak geografis dan kemampuan anggaran.

"Usai usulan kebutuhan dari masing-masing instansi, tahap selanjutnya adalah penetapan kebutuhan. Formasi ditetapkan dengan memperhatikan pendapat Menteri Keuangan (Menkeu) dan pertimbangan teknis Badan Kepegawaian Negara (BKN)," tambahnya. (das)



KOMENTAR

Silahkan berikan komentar dengan baik

Tulis Komentar Anda :