SELEKSI CASN

Seleksi Calon ASN Dibuka Besok, Semua Peserta Wajib Lakukan Ini

Setiap peserta wajib membuat akun baru di portal Sistem Seleksi Calon ASN.

By | Sabtu, 16 September 2023 21:05 WIB

JAKARTA, BELASTING—Pendaftaran seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) dibuka 17 September 2023, dan seperti tahun lalu, setiap peserta wajib membuat akun baru di portal Sistem Seleksi Calon ASN (SSCASN).

Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara (BKN) Suharmen mengatakan ketika portal pendaftaran dibuka pada 17 September 2023, seluruh calon pelamar diwajibkan membuat akun baru.

“Berlaku bagi semua, baik pelamar yang baru pertama kali melakukan pendaftaran maupun bagi pelamar yang sudah pernah mengikuti seleksi sebelumnya,” kata Suharmen dalam konferensi pers, Kamis (14/9/2023).




Fitur Cek Formasi CPNS dan PPPK di SSCASN 
Suharmen menjelaskan untuk membantu peserta pada SSCASN diberi fitur tambahan berupa ASN Karier. Fitur ini digunakan untuk mencari informasi terkait dengan perincian jabatan yang dibuka pada seleksi calon ASN.

Anda bisa mengecek formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Dalam pelaksanaannya, BKN menggandeng sejumlah instansi pemerintah. Mulai dari akses penyediaan jaringan dan komunikasi data penyelenggaraan dengan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Teknologi (BAKTI).



Kemudian juga monitoring infrastruktur dan keamanan teknologi informasi dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), serta penyediaan elektronik materai bersama Percetakan Uang Republik Indonesia (PERURI).

Kabar baiknya sejumlah formasi jabatan yang dibuka pada seleksi tahun ini seperti tenaga kesehatan dan Guru, BKN telah mengintegrasikan portal SSCASN dengan data Dapodik dari Kemendikbud dan SISDMK Kemenkes. 

Adapun untuk mendukung kelancaran pembuatan akun SSCASN, BKN juga melakukan integrasi dengan Dukcapil dari Kemendagri selaku instansi yang bertanggung jawab penuh atas data kependudukan.

BKN meminta seluruh calon pelamar CASN 2023 untuk dapat mencermati persyaratan administrasi dan syarat tambahan pada pengumuman dari instansi yang akan dilamar.

Cara Membuat Akun SSCASN 2023
PELAMAR juga diminta untuk mengikuti perkembangan informasi seleksi melalui kanal informasi resmi pemerintah.

Berikut ini cara membuat akun di portal SSCASN. Pelamar juga wajib melakukan pendaftaran di website resmi SSACSN pada sscasn.bkn.go.id. 

  • Buka portal SSCASN di https://daftar-sscasn.bkn.go.id/akun
  • Login ke akun SSCASN yang telah terdaftar
  • Pilih Jenis Seleksi dan Formasi CPNS
  • Unggah Dokumen
  • Cetak Kartu Pendaftaran

Itulah cara membuat akun untuk pendaftaran CPNS dan PPPK 2023 di portal SSCASN. (Isa)



KOMENTAR

Silahkan berikan komentar dengan baik

Tulis Komentar Anda :