KEPATUHAN PAJAK

Kantor Pajak Sisir Pelaku Usaha Belum Lapor SPT Tahunan

Proses pengawasan fokus pada wajib pajak yang belum penuhi syarat formal melaporkan SPT

By | Jum'at, 05 Agustus 2022 08:49 WIB

Ilustrasi (foto: Freepik)
Ilustrasi (foto: Freepik)

TOMOHON, BELASTING—Kantor Pelayanan, Penyuluhan, dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Tomohon melakukan kunjungan ke wajib pajak pemilik warung makan di Kota Tomohon, Sulawesi Utara.

Pegawai KP2KP Tomohon Marsely Jani Gonie mengatakan kunjungan kerja kali ini dilaksanakan guna mengedukasi wajib pajak, sekaligus meningkatkan kepatuhan penyampaian SPT Tahunan.

Marsel melaporkan pihaknya mendatangi salah satu pemilik usaha warung makan di Kelurahan Paslaten Satu. Pada kesempatan itu, petugas pajak juga menerangkan batasan omzet usaha yang kena pajak.




“Jika omzet usaha dalam setahun belum mencapai Rp500 juta, maka belum wajib membayar pajak atas usaha. Namun, wajib untuk menyampaikan SPT Tahunan paling lambat bulan Maret setiap tahunnya,” ujarnya dikutip  Jumat (5/8/2022).

Untuk diketahui, UMKM wajib pajak orang pribadi tidak dikenai pajak penghasilan (PPh) final apabila memiliki peredaran bruto alias omzet di bawah Rp500 juta.

UU No.7/2021 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (HPP) mengatur pembebasan PPh bagi wajib pajak orang pribadi dengan peredaran bruto tertentu, seperti yang tertuang dalam PP 23/2018. 



Adapun ketentuan bebas PPh bagi wajib pajak dengan omzet usaha di bawah Rp500 juta itu diberlakukan pada tahun pajak 2022.

Saat melakukan kunjungan, tim KP2KP Tomohon juga mendampingi wajib pajak dalam mengisi SPT Tahunan tahun pajak 2021, sebab pemilik warung ternyata belum menyampaikan SPT terkait.

Marsel juga mengungkapkan kepada ibu pemilik usaha warung, bahwa ada sanksi bagi wajib pajak yang tidak patuh ataupun lalai dalam melaksanakan kewajiban pelaporan dan pembayaran pajak. 

Dia menegaskan apabila wajib pajak orang pribadi terlambat melaporkan SPT Tahunan, maka wajib pajak tersebut dikenakan sanksi keterlambatan berupa denda sejumlah Rp100.000. (das)


 



KOMENTAR

Silahkan berikan komentar dengan baik

Tulis Komentar Anda :