KERJA SAMA INTERNASIONAL

600 Konsultan Pajak Asia-Oceania Bahas Perpajakan Internasional di Bali

Ratusan konsultan pajak dari berbagai negara bertemu langsung bahas isu perpajakan terkini

By | Kamis, 24 November 2022 13:34 WIB

Ketum IKPI, Ruston Tambunan (foto: IKPI)
Ketum IKPI, Ruston Tambunan (foto: IKPI)

JAKARTA,BELASTING - Indonesia menjadi tuan rumah seminar tahunan yang diselenggarakan oleh Asia Oceania Tax Consultants Association (AOTCA).

Ketum Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI), Ruston Tambunan mengatakan lebih dari 600 konsultan pajak di kawasan Asia-Oceania kembali bertemu langsung untuk membahas isu perpajakan internasional.

"Banyak hal yang bisa dilakukan oleh para konsultan pajak di AOTCA Bali 2022, bukan hanya untuk menambah wawasan, tetapi membangun jaringan internasional juga di sinilah tempatnya," katanya dalam keterangan tertulis dikutip Kamis (24/11/2022).




Ruston menyampaikan agenda AOTCA berlangsung pada 22-25 November 2022. Pembahasan tidak hanya seputar dinamika perpajakan internasional yang tengah berubah.

Pada konsultan pajak juga bertukar informasi perihak ketentuan terbaru di masing-masing negara. Kemudian ajang pertemuan langsung juga pertukaran klien yang memiliki bisnis lintas yurisdiksi.

"Jika tidak melebarkan sayap pergaulan bagaimana mereka bisa menjadi konsultan kelas dunia. Kesimpulannya, pergaulan global itu sangat dibutuhkan," paparnya.



Sementara itu, Ketua Panitia AOTCA, T. Arsono menyampaikan rangkaian acara yang digelar mulai hari pertama diharapkan mampu meningkatkan kompetensi konsultan pajak Indonesia.

"Kami berharap kedepannya IKPI bisa berkontribusi lebih besar lagi di ajang AOTCA, khususnya dalam mendatangkan jumlah peserta. Karena, sesungguhnya kita tidak kalah dengan negara lain, seperti China dan Vietnam yang juga mempunyai kontribusi besar pada ajang pertemuan AOTCA di berbagai negara," ulasnya. (das)



KOMENTAR

Silahkan berikan komentar dengan baik

Tulis Komentar Anda :