KEBIJAKAN FISKAL

Jaminan Sri Mulyani Uang Setoran Pajak Akan Kembali ke Masyarakat

Setiap sen rupiah uang pajak akan digunakan untuk berbagai belanja pemerintah termasuk pendidikan

By | Selasa, 24 Januari 2023 11:06 WIB

Menkeu Sri Mulyani (tangkapan layar)
Menkeu Sri Mulyani (tangkapan layar)

JAKARTA,BELASTING - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan penerimaan pajak yang dikumpulkan pemerintah akan kembali ke masyarakat.

Menkeu Sri Mulyani mengatakan uang hasil setoran pajak digunakan pemerintah untuk melakukan berbagai eksekusi belanja. Cakupan belanja menyentuh banyak aspek mulai dari infrastruktur hingga pendidikan.

"Dibalikke meneh! Setiap pajak yang dibayarkan masyarakat akan kembali ke masyarakat. Untuk UMKM, untuk masyarakat luas - infrastruktur, jalan tol, bendungan, dll -, termasuk untuk pesantren," katanya di akun Instagram @smindrawati, Selasa (24/1/2023).




Sri Mulyani menjabarkan tugas APBN pada tahun ini adalah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan menjadi bantalan atau shock absorber kebijakan fiskal dalam menghadapi tantangan ekonomi 2023.

Pada bidang pendidikan dukungan APBN antara lain dengan memberikan kesempatan lulusan pesantren mengakses beasiswa LPDP. Sebanyak 820 lulusan pesantren pada jenjang pendidikan S-1, S-2 hingga S-3 mendapatkan beasiswa LPDP di dalam negeri dan luar negeri.

Selain itu, masih adalah alokasi dana abadi pesantren di Kementerian Agama yang hingga tahun lalu sudah mencapai Rp520 miliar. Dana abadi tersebut akan diguankan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan meningkatkan kompetensi tenaga pendidik bagi para santri.



"Ini adalah wujud perhatian pemerintah terhadap para santri Indonesia," ulasnya. (das)



KOMENTAR

Silahkan berikan komentar dengan baik

Tulis Komentar Anda :