PENDAFTARAN PSE

Hari Ini Batas Waktu Pendaftaran PSE Kominfo, Google CS Belum Terdaftar?

PSE Asing seperti META Group (Whatsapp, Facebook, Instagram) sudah melakukan pendaftaran.

By | Rabu, 20 Juli 2022 11:33 WIB

ilustrasi (foto: belasting.id)
ilustrasi (foto: belasting.id)

JAKARTA, BELASTING—Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) memberikan batas waktu terakhir pendaftaran penyelenggara sistem elektronik (PSE) lingkup private hari ini, Rabu (20/7/2022).

Kominfo mengancam bagi PSE domestik maupun asing yang belum mendaftar akan mendapatkan surat teguran dan sanksi. Jika diabaikan, Kominfo akan melakukan pemblokiran.

"Ada tiga tahapannya. Pertama teguran, kedua denda, dan ketiga adalah pemblokiran," kata Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan dalam konferensi pers, Selasa (19/7/2022).




Hingga Rabu (20/7/2022) PSE Asing seperti META Group (Whatsapp, Facebook, Instagram) sudah melakukan pendaftaran. META group didaftarkan oleh Facebook Singapore PTE. LTD yang terdaftar pada 19/7/2022.

Namun nama raksasa teknologi Google CS seperti YouTube, Gmail, dan lain-lain justru belum masuk sebagai PSE terdaftar.

Semuel Abrijani dalam pengakuannya mengatakan, raksasa teknologi Google sudah dalam proses pendaftaran. "Dalam proses, yang sudah terdaftar baru Google Cloud, karena memang layanan mereka banyak," terang Semuel.



Sebelumnya, Google memang sudah menyatakan kesediaannya untuk melakukan pendaftaran. 

"Kami mengetahui keperluan mendaftar dari peraturan terkait," ujar perwakilan Google Indonesia.

Seperti diberitakan, Kominfo akan menerapkan sanksi blokir terhadap PSE lingkup private jika tidak mendaftar sesuai dengan Peraturan Menteri (PM) Komunikasi dan Informatika Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penyelenggara Sistem Elektronik Lingkup Privat Domestik.

Tak hanya PSE Asing, seluruh PSE Lingkup Privat baik swasta maupun milik Badan Usaha Milik Negara wajib melakukan pedaftaran sebelum 20 Juli 2022. (sds)



KOMENTAR

Silahkan berikan komentar dengan baik

Tulis Komentar Anda :