PILPRES 2024

Alasan Partai Demokrat Pertimbangkan Usung Anies di Pilpres 2024

Di Partai Demokrat, keputusan capres dan cawapres menjadi kewenangan Majelis Tinggi Partai.

By | Jum'at, 16 September 2022 20:01 WIB

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: Pemprov DKI Jakarta)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: Pemprov DKI Jakarta)

JAKARTA, BELASTING—Partai Demokrat menimbang Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk diusung sebagai peserta Pemilu Presiden 2024.

Anggota Majelis Tinggi Partai (MTP) Demokrat Syarief Hasan mengatakan Anies sudah menjadi perhatian anggota MTP Demokrat.

“Memang [nama Anies] sudah sebagian beredar. Beliau punya wawasan bagus dan punya chemistry dengan AHY. Tapi, ini masih taraf finalisasi,” ujarnya di Jakarta, Jumat (16/9/2022).




Anggaran Dasar dan Rumah Tangga (AD/ART) Partai Demokrat menyebut keputusan pengusungan calon presiden dan calon wakil presiden menjadi kewenangan MTP yang diketuai Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Di sisi lain, Syarief Hasan memandang pemeriksaan Anies Baswedan di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait gelaran Formula E tidak menjadi persoalan.

Sebaliknya, pernyataan Anies yang ingin membantu KPK dalam proses penegakan hukum justru membawa dampak yang positif.



“Kita bisa ikuti statement beliau akan bantu KPK dalam duduk permasalahan. Itu niat bagus, kita dukung. Tidak memengaruhi nilai (elektabilitas) partai, justru itu nilai tambah untuk Anies,” katanya.

Namun, Syarief menekankan, yang menjadi pekerjaan rumah utama Partai Demokrat saat ini adalah meningkatkan elektabilitas dan membentuk koalisi jelang Pemilu 2024.

“(Elektabilitas) Demokrat sudah 3 besar, (elektabilitas) AHY (Agus Harimurti Yudhoyono) juga naik. Kalau makin naik akan jadi bahan pertimbangan,” ujarnya. (Isa)

Baca Juga: Apa Itu APBN?


KOMENTAR

Silahkan berikan komentar dengan baik

Tulis Komentar Anda :