BERITA DUKA CITA

Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra Meninggal Dunia

Azyumardi Azra meninggal akibat sakit jantung dan sedang dirawat di RS Kedah, Selangor Malaysia.

By | Minggu, 18 September 2022 14:16 WIB

Prof Azyumardi Azra meninggal dunia setelah terkena serangan jantung. (Foto: Istimewa).
Prof Azyumardi Azra meninggal dunia setelah terkena serangan jantung. (Foto: Istimewa).

JAKARTA, BELASTING—Ketua Dewan Pers yang juga Guru Besar UIN Jakarta Prof Dr Azyumardi Azra meninggal dunia pada, Minggu (18/9/2022) di Selangor Malaysia.

Azyumardi Azra meninggal akibat sakit jantung dan sedang dirawat di RS Kedah, Selangor Malaysia.

"Innalillahi wa innalillahi rojiun. Telah meninggal dunia Ketua Dewan Pers dan Guru Besar UIN Jakarta Prof Dr Azyumardi Azra," kata Wakil Ketua Dewan Pers, Agung Dharmajaya dalam pesan singkat, Minggu (18/9/2022).




Agung selanjutnya meminta agar Azyumardi Azra didoakan agar mendapat tempat yang mulia di sisi Allah. 

"Semoga almarhum mendapat tempat yang mulia di sisi Allah dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan, aamiin," ujar dia.

Wakil Ketua MUI Anwar Abbas dalam keterangan tertulis mengaku kehilangan sosok cendekiawan yang tidak hanya dalam skala nasional tetapi juga dunia.



"Pandangan- pandangannya sangat dihormati dan banyak dijadikan rujukan. Bahkan boleh dikatakan tidak ada tokoh dan cendekiawan dunia yang menjadikan Indonesia sebagai objek kajiannya yang tidak kenal dengan beliau," ujar Anwar Abbas.

Di samping itu karena jasa dan reputasinya, ujar Anwar Abbas, Azyumardi adalah satu-satunya orang di Indonesia bahkan mungkin di Asia yang mendapatkan gelar kehormatan SIR dari Kerajaan Inggris. 

Sebelum meninggal, Azyumardi dirawat di Rumah Sakit Serdang, Selangor, Malaysia. Sejak beberapa hari lalu, Azyumardi dilarikan ke rumah sakit karena mengalami sesak napas di pesawat saat dalam perjalanan menuju Malaysia.

Awalnya, Azyumardi menuju Malaysia untuk menghadiri undangan dari Angkatan Belia Islam Malaysia (ABIM) dalam Konferensi Internasional Kosmopolitan Islam yang dilaksanakan di Selangor, Malaysia yang dilaksanakan pada 17 September 2022. (sds)



KOMENTAR

Silahkan berikan komentar dengan baik

Tulis Komentar Anda :