KEBIJAKAN TRANSPORTASI

PPKM Dicabut, 80 Juta Orang Bakal Mudik Tahun Ini

Bakal ada lonjakan pemudik di lebaran 2023

By | Minggu, 19 Februari 2023 11:43 WIB

ilustrasi (foto: istimewa)
ilustrasi (foto: istimewa)

JAKARTA,BELASTING - Pengelolaan angkutan lebaran pada tahun ini diprediksi akan lebih menantang.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan proyeksi pemudik Idulfitri tahun ini mencapai 80 juta orang. Mobilitas penduduk akan meningkat tajam kerena kebijakan PPKM dicabut dan kasus Covid-19 yang menurun.

"Pengelolaan arus mudik dan balik lebaran tahun ini sangat menantang yaitu bagaimana mengendalikan lonjakan pergerakan orang yang lebih besar dari tahun lalu, yang prediksinya mencapai 80 juta orang. Lonjakan ini diprediksi akan terjadi karena tahun ini kasus Covid menurun, sudah tidak ada PPKM, dan keadaan ekonomi membaik," katanya dalam keterangan tertulis dikutip Minggu (19/2/2023).




Menhub menjelaskan upaya pengelolaan angkutan lebaran sudah dilakukan mulai awal tahun ini. Agenda yang akan dilakukan antara lain menyiapkan survei potensi pergerakan mobilitas masyarakat.

Kemudian inspeksi keselamatan pada sarana transportasi darat, laut, udara dan kereta api. Pada jalur darat dilakukan pengecekan kondisi jalur pantai utara (pantura) dan jalur pantai selatan Jawa.

Penyelenggaraan arus mudik dan arus balik pada tahun ini akan mengacu pada mobilitas penduduk pada momen libur Natal dan tahun baru. Titik krusial mudik sudah dipetakan oleh Kemenhub.



Pertama, jalur tol Jakarta ke arah Jawa tengah, dimana tol Cipali menjadi titik krusial di arus mudik maupun balik. Untuk itu, koordinasi intensif dilakukan dengan Korlantas Polri.

Kedua, antisipasi kepadatan di Pelabuhan penyeberangan Merak. Ketiga, antisipasi lonjakan penumpang pesawat udara dengan meningkatkan jam operasional bandara.

"Kami sudah berkoordinasi dengan maskapai untuk menggunakan pesawat berukuran besar (wide body) yang sekali angkut bisa 400 orang dan meningkatkan jam operasional pesawat dari biasanya 12 jam menjadi 18 jam sehingga rotasi pesawat bisa maksimal," terangnya. (das)



KOMENTAR

Silahkan berikan komentar dengan baik

Tulis Komentar Anda :