PELANTIKAN PEJABAT

Budi Arie Setiadi Sah Jadi Menteri Gantikan Johnny Plate

Presiden tunjuk ketua relawan isi pos Menkominfo

By | Senin, 17 Juli 2023 09:49 WIB

Pelantikan Menkominfo (tangkapan layar)
Pelantikan Menkominfo (tangkapan layar)

JAKARTA, BELASTING—Presiden Joko Widodo resmi melantik 1 orang menteri, 5 wakil menteri, dan 2 anggota dewan pertimbangan presiden untuk Kabinet Indonesia Maju sisa masa jabatan 2019-2024.

Presiden Jokowi melantik menteri dan wakil menteri terlebih dahulu. Keenamnya berdiri di hadapan Presiden RI dan didampingi oleh para rohaniwan untuk diambil sumpah jabatannya.

Adapun 6 orang itu terdiri dari Budi Arie Setiadi yang dilantik sebagai Menteri Komunikasi dan Informasi (Kominfo). Untuk posisi wamen, ada Pahala Nugraha Mansury, Nizar Patria, Paiman Raharjo, Rosan Perkasa Roeslani, Dan Saiful Rahmat Dasuki.




“Secara bersama-sama, harap ikuti dan ulangi kata-kata saya, bahwa saya akan setia kepada UUD NKRI 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan, dengaan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara, bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab,” ujar Jokowi, Senin (17/7/2023).

Secara rinci, Presiden RI melantik Budi Arie Setiadi sebagai Menteri Kominfo menggantikan Johnny G Plate. Selanjutnya, presiden melantik Pahala Nugraha Mansury sebagai Wakil Menteri Luar Negeri.

Kemudian, Nezar Patria sebagai Wakil Menteri Kominfo, Paiman Raharjo sebagai Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Wamendes PDTT).



Presiden juga melantik Rosan Perkasa Roeslani sebagai Wakil Menteri BUMN, dan Saiful Rahmat Dasuki sebagai Wakil Menteri Agama.

Nama-nama itu tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 62 P tahun 2023 tentang pengangkatan Menkominfo Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024 dan Keputusan Presiden Nomor 32 M tahun 2023 tentang pemberhentian dan pengangkatan Wakil Mneteri Negara Kabinet Indonesia Maju.

Selanjutnya, Presiden Joko Widodo melantik 2 Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres), Djan Farid dan Gandi Sulistiyanto Soeherman. Itu tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 63 P tahun 2023 tentang pengangkatan Anggota Watimpres.

Usai mengucapkan sumpah jabatan, kegiatan pelantikan ditutup dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kini, Presiden RI resmi melantik 8 orang baru untuk mengisi posisi menteri, wakil menteri, dan anggota watimpres.



KOMENTAR

Silahkan berikan komentar dengan baik

Tulis Komentar Anda :