PENGHINDARAN PAJAK

Shakira Jawab Tuduhan Menghindari Bayar Pajak di Spanyol

Penyanyi bernama asli Isabel Mebarak Ripoll ini dituduh gagal membayar pajak penghasilan

By | Jum'at, 30 September 2022 15:44 WIB

Shakira (foto: ABC.net.au)
Shakira (foto: ABC.net.au)

JAKARTA, BELASTING—Penyanyi Shakira membantah tuduhan dirinya menghindari pajak di Spanyol. 

Menurut Syakira, dirinya telah memenuhi kewajiban membayar senilai 14,5 juta Euro selama tinggal di Spanyol.

"Kita tidak memiliki utang pajak dengan otoritas pajak Spanyol," ujar perwakilan Shakira dikutip NYTimes, Jumat (30/9/2022).




Penyanyi bernama asli Isabel Mebarak Ripoll ini dituduh gagal membayar pajak penghasilan kepada pemerintah Spanyol antara 2012 dan 2014.

Meskipun, dalam periode tersebut, Shakira selalu mengelak jika dirinya tinggal di Spanyol. 

Menurut dokumen pengadilan, jaksa di Spanyol mengatakan Shakira membeli sebuah rumah di Barcelona pada 2012 yang dia tempati bersama pemain Barcelona Gerard Piqué, dan dua putra mereka. 



Meskipun saat ini, mereka berpisah, namun Shakira tetap ada kewajiban membayar pajak penghasilan selama periode mereka tinggal.

Dalam sebuah wawancara dengan majalah Elle, Shakira mengatakan dia tidak tinggal di Spanyol selama periode tersebut. "Saya sibuk memenuhi komitmen profesional saya sebagai penyanyi di seluruh dunia," ujar Shakira,

Selama tur, Shakira tidak tinggal di Spanyol. Sehingga dia yakin tidak memenuhi syarat  sebagai penduduk. 

“Otoritas pajak Spanyol melihat bahwa saya berkencan dengan seorang warga negara Spanyol (Gerard Pique) dan mulai melakukan penagihan untuk mengejar uang saya," terangnya. 

Undang-undang pajak domestik Spanyol menggunakan tiga kriteria untuk dipertimbangkan jika seseorang adalah penduduk wilayah Spanyol: kehadiran fisik, pusat kepentingan ekonomi, dan lokasi pasangan dan anak-anak. 

Dalam kasus ini, Shakira barangkali lupa jika dia memiliki anak yang tinggal di Spanyol.

"Penentuan kehadiran adalah kuncinya," kata Adolfo Martín Jiménez, profesor hukum pajak di Universitas Cádiz dan pakar perpajakan internasional di Pérez-Llorca, sebuah firma hukum di Madrid.

Atas kelalain Shakira dalam membayar pajak ini, Jaksa mendakwa Shakira, 45, dengan enam tuduhan penipuan pajak karena gagal membayar pajak penghasilan sebesar 14,5 juta euro. Mereka menuntut hukuman penjara delapan tahun dan denda lebih dari 23 juta euro.

Meskipun, perwakilan Shakira mengaku sudah membayar pajak penghasilan tersebut sebesar 14,5 juta Euro. (sds)



KOMENTAR

Silahkan berikan komentar dengan baik

Tulis Komentar Anda :