KEBIJAKAN PAJAK

Bill Gates Setuju Orang Super Kaya Dipajaki Lebih Tinggi

Para miliarder seharusnya bayar pajak ekstra saat situasi ekonomi sedang sulit

By | Jum'at, 13 Januari 2023 11:31 WIB

Pendiri Microsoft, Bill Gates (foto: istimewa)
Pendiri Microsoft, Bill Gates (foto: istimewa)

JAKARTA,BELASTING - Pendiri Microsoft, Bill Gates sepakat orang super kaya atau High Net Worth Individual (HNWI) harus membayar beban pajak lebih tinggi.

Bill Gates mengatakan beban pajak para miliarder seharusnya lebih tinggi dengan situasi ekonomi dunia saat ini. Hal tersebut menjadi tanggung jawab moral bagi sebagian kecil milarder kepada mayoritas penduduk.

"Orang super kaya harus dikenakan pajak lebih tinggi dan lebih tinggi," katanya dalam acara Ask Me Anything di Reddit, dikutip pada Jumat (13/1/2023).




Dia menjelaskan kebijakan pemerintah di berbagai negara seharusnya membuka peluang bagi setiap warga negara tumbuh menjadi miliarder baru. Menurutnya, tidak ada yang salah menjadi miliarder sebagai hasil kerja keras dan inovasi di sektor swasta.

Pemerintah, lanjutnya, memiliki kewajiban untuk melakukan pengawasan melalui sistem pajak terhadap para miliarder tersebut. Hal itu belum dilakukan secara optimal saat ini, karena beban pajak bagi orang super kaya tidak naik signifikasi dengan tekanan ekonomi yang terjadi di berbagai negara.

Menurutnya, pajak atas kepemilikan kekayaan bisa ditingkatkan mendekati level pajak penghasilan. Hal tersebut membuat kontribusi pajak orang super kaya akan meningkat.



"Saya heran pajak belum dinaikkan lagi, misalnya tingkat [tarif pajak] keuntungan atas modal [capital gains] bisa sama dengan tingkat penghasilan biasa. Saya tahu banyak hal sulit dialami sebagian besar masyarakat," tuturnya.

Gates juga mendorong para miliarder untuk lebih banyak terlibat dalam kegiatan filantropi, khususnya menyangkut perubahan iklim. Kegiatan filantropi akan memberikan dorongan untuk melakukan perubahan dari sisi kebijakan pemerintah dan mekanisme pasar.

"Filantropi saja tidak dapat menghilangkan efek gas rumah kaca, hanya pasar dan pemerintah yang dapat mencapai kecepatan penurunan dalam skala besar," tambahnya dilansir fortune.com. (das)



KOMENTAR

Silahkan berikan komentar dengan baik

Tulis Komentar Anda :