KEPATUHAN PAJAK

Sudah Bayar Pajak, Fiersa Besari: Sedihnya, yang Muncul Akhir-akhir Ini Malah Rasa Tidak Percaya

Tergerusnya kepercayaan terhadap DJP nyata adanya

By | Jum'at, 24 Februari 2023 18:43 WIB

Fiersa Besari (foto: Istimewa)
Fiersa Besari (foto: Istimewa)

JAKARTA,BELASTING - Penulis dan musisi asal Kota Bandung, Fiersa Besari menyampaikan keprihatinan tergerusnya kepercayaan masyarakat terhadap DJP sebagai otoritas pajak.

Melalui unggahan di akun Twitternya, dia mendeklarasikan diri sudah menunaikan kewajiban pembayaran pajak atas penghasilan yang didapatkan sepanjang 2022. Nilai pembayaran pajak dalam kicauan Fiersa mencapai Rp86,1 juta.

"Sudah bayar pajak. Ke depannya bagaimana? Sebagai warga negara, akan tetap bayar pajak," katanya di akun @FiersaBesari pada Jumat (24/2/2023).




Penulis Novel 'Garis Waktu' itu menjelaskan pembayaran pajak menjadi komponen penting untuk membiayai pembangunan nasional. Pembayar pajak, lanjutnya, akan merasa bahagia saat uang setoran pajak dapat berguna dalam menyokong pembangunan.

Namun, rasa percaya para pembayar pajak nampaknya menjadi harga yang mahal untuk ditebus DJP. Kasus yang berkembang pada akhir-akhir ini membuat kadar kepercayaan mengalami penurunan.

"Tapi, saya ingin sekali saja merasa bahagia seberes bayar pajak; bahagia bahwa uang saya dipakai untuk pembangunan negeri ini. Sedihnya, yang muncul akhir-akhir ini malah rasa tidak percaya," lanjutnya.



Seperti diketahui, badai menghampiri Kementerian Keuangan khususnya Ditjen Pajak pada pekan ini. Kasus kekerasan yang melibatkan anak pegawai DJP merembet ke berbagai urusan.

Pokok masalah tidak hanya pada urusan pidana penganiayaan. Perkara berlanjut pada gaya hidup mewah si pelaku yang orang tuanya merupakan abdi negara yang mengumpulkan penerimaan pajak. Ditambah harta jumbo si ayah yang mencapai Rp56,1 miliar untuk ukuran pejabat Eselon III DJP. (das)



KOMENTAR

Silahkan berikan komentar dengan baik

Tulis Komentar Anda :