KEPATUHAN PAJAK

Endorse Dian Sastro Supaya WP Lapor SPT Tahunan, DJP Kena Nyinyir Netizen

Selebriti dan pesohor publik digunakan untuk perbaiki citra otoritas

By | Kamis, 09 Maret 2023 15:47 WIB

Tangkapan layar testimoni Dian Sastro
Tangkapan layar testimoni Dian Sastro

JAKARTA, BELASTING—Aktris Tanah Air Dian Sastrowardoyo mengajak wajib pajak untuk melaporkan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan pajak 2022 sebelum jatuh tempo.

Bintang film ‘Ada Apa dengan Cinta’ atau AADC yang akrab disapa Dian Sastro itu turut mengingatkan bahwa tenggat pelaporan SPT Tahunan orang pribadi jatuh pada 31 Maret 2023.

“Saya mau ngajakin kawan pajak untuk segera melaporkan SPT Tahunan pajak kita sebelum tanggal 31 Maret 2023,” imbau Dian Sastro, Kamis (9/3/2023).




Seperti kata Dian Sastro, wajib pajak perlu mengingat bahwa ada batas waktu pelaporan SPT Tahunan. Untuk wajib pajak orang pribadi paling lambat 31 Maret 2023, sedangkan wajib pajak badan paling lambat 30 April 2023.

Tidak hanya mengingatkan perihal SPT, pemeran Cinta di AADC itu pun ikut mengimbau wajib pajak untuk melakukan validasi Nomor Induk Kependudukan (NIK) sebagai NPWP. Dengan kata lain, dia turut mendorong wajib pajak untuk melakukan validasi secara mandiri lewat melalui DJP Online.

“Saya juga mengajak kawan pajak untuk melakukan pemadanan NIK sebagai NPWP, supaya kita bisa memakai NIK sebagai NPWP untuk mengakses berbagai layanan perpajakan,” kata Dian Sastro.



Untuk diketahui, wajib pajak bisa melakukan validasi atau pemadanan NIK sebagai NPWP secara mandiri. Caranya, wajib pajak masuk ke akun masing-masing, lalu masuk ke pilihan menu melakukan validasi.

Wajib pajak tinggal masukan nomor KTP alias NIK dalam kolom tersedia. Kemudian mengisi kolom identitas, lalu klik tombol validasi. Ketika NIK dan NPWP sudah terkoneksi, statusnya menjadi valid, dan dapat dipakai untuk transaksi perpajakan.

“Yuk kita menjalankan kewajiban pajak kita, supaya apa? Supaya negara kita ini makin maju,” tutup Dian Sastro.

Namun badai yang menerpa DJP imbas kasus Rafael Alun Trisambodo belum reda di media sosial. Kritik masih disampaikan kepada otoritas pajak agar bersih-bersih dari pegawai dan pejabat seperti Rafael Alun Trisambodo.

“Cie.. Demi apa sampe harus endorse Dian Sastro. Kepercayaan publik itu tidak akan balik hanya karena Dian Sastro. Tapi buktikan dengan kinerja Anda,” balas @dewindryani. (das)



KOMENTAR

Silahkan berikan komentar dengan baik

Tulis Komentar Anda :