APLIKASI E-FORM

e-Form SPT Tahunan Auto Update ke Versi 64-Bit, Begini Solusinya

Saat menggunakan aplikasi e-form perlu lebih jeli soal setting adobe

By | Selasa, 15 Maret 2022 14:51 WIB

Ilustrasi aplikasi e-form
Ilustrasi aplikasi e-form

JAKARTA,BELASTING- Wajib pajak kerap menghadapi kendala saat melaporkan SPT Tahunan menggunakan aplikasi e-form berbasis pdf.

Wajib pajak perlu lebih jeli dengan pengaturan sistem aplikasi adobe acrobat reader DC saat hendak menyampaikan SPT Tahunan melalui e-form. Pertama, tentu harus menginstall aplikasi dengan versi 32-bit.

Pengisian formulir SPT melalui e-form hanya bisa dilakukan dengan Adobe Acrobat Reader DC versi 32-bit. Ketentuan ini berlaku universal meskipun perangkat komputer wajib pajak menggunakan sistem operasi versi 64-bit. Jadi tetap install adobe versi 32-bit.




Setelah itu, perlu dipastikan agar aplikasi yang sudah diunduh tidak auto update ke versi 64-bit. Wajib pajak dengan perangkat sistem operasi Windows bisa melakukan pengaturan aplikasi adobe. Salah satu indikasi aplikasi adobe sudah auto update muncul notifikasi "Harap menggunakan Adobe reader 32 bit" saat membuka SPT e-form.

Pertama, menuju kolom pencarian dan ketik aplikasi Service. Setelah masuk ke menu service, wajib pajak perlu mencari aplikasi Adobe Acrobat Update Service. 

Setelah ketemu lalu klik kanan dan masuk ke menu General. Pada bagian ini ubah pengaturan pada kolom Startup Type. Ubah pengaturan dari otomatis menjadi manual atau disabled.



Selanjutnya klik apply dan ok. Aplikasi Adobe Acrobat Reader DC tidak otomatis memperbarui ke versi 64-bit.

Jika wajib pajak sudah terlanjur auto update ke versi 64-bit maka harus menghapus terlebih dahulu aplikasi Adobe Acrobat Reader DC. Lalu install ulang aplikasi dengan versi 32-bit. Begitu terinstall, langsung ubah pengaturan pada menu Service. Selamat mencoba. (das)



KOMENTAR

Silahkan berikan komentar dengan baik

Tulis Komentar Anda :