ADMINISTRASI PAJAK

Begini Cara Gunakan e-PBK di DJP Online

Ajukan pemindahbukuan kini tak harus ke kantor pajak

By | Kamis, 13 Oktober 2022 16:51 WIB

Ilustrasi e-PBK (foto: DJP)
Ilustrasi e-PBK (foto: DJP)

JAKARTA,BELASTING - Ditjen Pajak (DJP) mulai meluncurkan aplikasi pemindahbukuan atau e-PBK secara terbatas mulai hari ini.

DJP menyampaikan aplikasi e-PBK dapat dengan mudah digunakan wajib pajak melalui sistem DJP Online. Aplikasi tersebut tersedia melalui laman pajak.go.id. Wajib pajak perlu masuk terlebih dahulu ke sistem DJP Online.

"Login melalui laman pajak.go.id dengan menggunakan NIK/NPWP, kemudian mengisi password dan kode captcha," tulis keterangan akun @ditjenpajakri, Kamis (13/10/2022).




Setelah berhasil login ke sistem DJP Online, wajib pajak melanjutkan dengan memilih menu layanan dan dilanjutkan dengan pilihan layanan e-PBK.

Setelah klik menu layanan e-PBK, wajib pajak bisa mengajukan permohonan untuk melakukan pemindahbukuan. 

Isi lengkap permohonan pemindahbukuan secara daring mulai dari nomor NTPN, tanggal bayar dan NPWP. Data disi secara lengkap dan benar dan harus sesuai dengan petunjuk pengisian.



Setelah data permohonan diisi lengkap maka dilanjutkan dengan mengirim permohonan pemindahbukuan. Pastikan data yang sudah diisi sudah benar dengan mengecek ulang. Jika sudah pasti lengkap dan benar bisa klik kirim permohonan.

DJP juga menyediakan menu monitoring agar wajib pajak dapat memantau perkembangan permohonan pemindahbukuan yang sudah disampaikan.

"Apabila kawan pajak membutuhkan penjelasan lebih lanjut, agar berkonsultasi langsung kepada penyuluh pajak di KPP terdaftar," ulas DJP. (das) 



KOMENTAR

Silahkan berikan komentar dengan baik

Tulis Komentar Anda :