ADMINISTRASI PAJAK

Lapor SPT Tahunan Pakai e-Filing atau e-Form? Cek Kiatnya di Sini

WP tinggal memilih saluran lapor SPT Tahunan yang paling tepat sesuai dengan karakteristik pekerjaan

By | Minggu, 08 Januari 2023 14:16 WIB

ilustrasi (foto: istimewa)
ilustrasi (foto: istimewa)

JAKARTA,BELASTING - Musim pelaporan SPT Tahunan sudah bisa dilakukan pada awal tahun tanpa harus menunggu tenggat akhir pada Maret atau April 2023.

DJP menyediakan dua pilihan utama saluran pelaporan SPT Tahunan. Keduanya berbasis elektronik melalui aplikasi e-filling dan e-form berbasis format pdf.

Namun tidak semua jenis wajib pajak ideal menggunakan kedua saluran tersebut. Beberapa wajib pajak paling cocok dan efisen menggunakan e-filling dan begitu sebaliknya untuk pengguna e-form.




Aplikasi e-filing paling tepat digunakan oleh wajib pajak orang pribadi karyawan yang penghasilannya sudah dipotong PPh Pasal 21 oleh pemberi kerja. Aplikasi e-filing juga sangat efektif mengakomodasi pelaporan SPT Tahunan untuk penghasilan kurang dari Rp60 juta/tahun.

Wajib pajak hanya perlu mencantumkan bukti potong yang sudah diberikan pemberi kerja sebagai modal utama penyampaian SPT Tahunan. Kemudian mengisi kolom keterangan lain seperti kepemilikan harta dan utang.

Sementara itu, aplikasi e-form paling ideal digunakan oleh wajib pajak orang pribadi nonkaryawan dan wajib pajak badan. Sistem e-form berbasis pdf memungkinkan pengisian SPT Tahunan tanpa terhubung jaringan internet.



Hal tersebut akan memudahkan wajib pajak nonkaryawan atau perusahaan dalam mengisi komponen SPT Tahunan. Pasalnya, waktu pengisian SPT Tahunan lebih banyak dibandingkan wajib pajak orang pribadi karyawan seperti mencantumkan komponen rekap penghasilan dan laporan keuangan.

Namun, perlu diingat e-form hanya bisa dibuka dan diisi menggunakan aplikasi Adobe Acrobat Reader DC versi 32-bit, ingat ya versi 32-bit.

Ketentuan ini berlaku meskipun sistem operasi komputer di perangkat wajib pajak menggunakan versi 64-bit. Jadi tetap unduh aplikasi adobe acrobat reader DC versi 32-bit.

Selanjutnya, wajib pajak perlu memastikan agar aplikasi yang sudah diunduh tidak auto update ke versi 64-bit. Solusi untuk mencegah hal tersebut bisa dilihat di sini.

Jadi wajib pajak tinggal memilih saluran apa yang cocok untuk pemenuhan penyampaian SPT Tahunan. E-filing sarana paling efektif bagi wajib pajak orang pribadi karyawan untuk lapor SPT Tahunan. Sementara itu, e-form memberikan keleluasaan waktu dalam mengisi SPT Tahunan tanpa harus khawatir jaringan internet terputus di tengah jalan. (das).



KOMENTAR

Silahkan berikan komentar dengan baik

Tulis Komentar Anda :