Siasat Honda Memacu Penjualan Mobil 2023
BELASTING, Jakarta--Honda menjadi merek yang mencatatkan performa penjualan gemilang di tengah pasar mobil di Indonesia yang bertumbuh konservatif. Bagaimana siasat merek Jepang ini mempertahankan performa sampai akhir tahun?
PT Honda Prospect Motor melaporkan penjualan ritelnya pada Agustus 2023 mencapai 10.050 unit, meningkat 12% dibandingkan bulan sebelumnya.
Peningkatan penjualan tersebut didukung oleh Honda Brio dan model-model SUV, terutama HR-V dan WR-V yang menjadi penyumbang penjualan tertinggi.
Pada Agustus 2023, Honda Brio terjual 4.289 unit. Angka ini menempatkan Brio kembali sebagai mobil terlaris Honda dengan kontribusi penjualan 43%.
Penjualan terbesar Honda disumbangkan oleh HR-V yakni sebanyak 1.934 unit, lalu WR-V terjual sebanyak 1.701 unit, dan BR-V dengan 1.292 unit.
Adapun SUV terbaru Honda yang diluncurkan di GIIAS 2023, CR-V mencatatkan penjualan 294 unit pada Agustus 2023. All New Honda CR-V varian hibrida mulai dikirimkan ke konsumen pada Oktober 2023.
Produk-produk Honda lainnya, yakni City Hatchback RS terjual 180 unit, diikuti Mobilio 178 unit, Civic RS 115 unit, City Sedan 27 unit, Accord 20 unit dan Civic Type R dengan 20 unit.
Sales & Marketing and After Sales Director PT Honda Prospect Motor (HPM)Yusak Billy mengatakan peningkatan penjualan pada Agustus antara lain didukung oleh permintaan konsumen yang masih tinggi, terutama pada ajang GIIAS 2023.
"Honda Brio dan model-model SUV kami mencatat pemesanan tertinggi saat itu [GIIAS 2023]. Kami juga bersyukur bahwa Honda HR-V semakin diminati oleh konsumen di tengah segmennya yang saat ini semakin ramai,” ujarnya, Jumat (15/9/2023).
Sepanjang 8 bulan pertama 2023, Honda mencatatkan penjualan 86.856 unit atau meningkat 15,2% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu 75.416 unit.
Peningkatan penjualan tersebut sekaligus memperkokoh posisi Honda sebagai merek terlaris ketiga setelah Toyota dan Daihatsu.
Berkat peningkatan penjualan di atas rata-rata pasar, Honda berhasil memperbesar pangsa pasarnya dari 11,8% menjadi 13,1%.
Bagaimana Honda mempertahankan tren penjualan yang positif di paruh kedua tahun ini?
Setelah menghadirkan model-model barunya, termasuk CRV, Honda tampak terus memacu pasokan ke jaringan dealeranya. Sepanjang 8 bulan pertama, pasokan Honda ke jaringan dealernya mencapai 97.096 unit, meningkat 16,1% (year-on-year).
Peningkatan pasokan ini jauh di atas rata-rata peningkatan wholesales secara keseluruhan merek yang hanya 2,6%.
Honda juga menyiapkan berbagai program untuk memudahkan konsumen memiliki mobil. Salah satunya adalah program penjualan bertajuk “#PAGER: PAket upGradER Mobil Honda” dan program “PALING: Paket Leasing Suka–Suka”.
Program #PAGER diberikan untuk loyalis Honda yang ingin mengganti Honda Brio miliknya menjadi Honda WR-V. Dengan program ini, konsumen dapat memiliki Honda WR-V dengan cicilan ringan Rp3 juta.
Selain cicilan, program ini juga tersedia dengan Gratis Asuransi All Risk dan Additional Value Honda Loyalist senilai Rp1,5 juta. (*)
KOMENTAR
Silahkan berikan komentar dengan baikTulis Komentar Anda :