ADMINISTRASI PAJAK

Relawan Pajak Dilatih Lakukan Validasi NIK Sebagai NPWP

Pemutakhiran data nik sebagai npwp masuk jadi materi baru relawan pajak tahun ini

By | Kamis, 26 Januari 2023 18:06 WIB

Dirjen Pajak Suryo Utomo bersama relawan pajak (foto: P2 Humas DJP)
Dirjen Pajak Suryo Utomo bersama relawan pajak (foto: P2 Humas DJP)

JAKARTA,BELASTING - Ditjen Pajak (DJP) menambahkan satu materi pelatihan kepada relawan pajak untuk asistensi pelaporan SPT pada tahun ini.

Pelatihan baru yang diterima relawan pajak adalah tata cara validasi nomor induk kependudukan (NIK) sebagai nomor pokok wajib pajak (NPWP). Hal tersebut menjadi agenda baru Kanwil DJP Jakarta Barat saat melakukan pelatihan relawan pajak dengan Universitas Esa Unggul.

"Semoga kegiatan (relawan pajak) ini memberikan manfaat bagi seluruh mahasiswa," kata Ketua Tax Center Universitas Esa Unggul, Ahmad Sururi dikutip Kamis (26/1/2023).




Proses pelatihan relawan pajak bagi mahasiswa Universitas Esa Unggul terbagi menjadi 2 materi prioritas. Pertama, materi tata cara pelaporan SPT Tahunan melalui aplikasi e-filing.

Materi kedua adalah tata cara pemutakhiran data NIK sebagai NPWP. Kedua materi tersebut akan mendukung tugas relawan pajak pada tahun ini.

Adapun tugas utama relawan pajak pada musim pelaporan SPT tahun pajak 2022 tidak berubah dari tahun-tahun sebelumnya. Fungsi utama relawan pajak adalah melakukan asistensi pelaporan SPT Tahunan wajib pajak melalui saluran e-filing.



Kemudian, relawan pajak ikut terlibat aktif dalam kegiatan sosialisasi DJP khususnya dalam bidang edukasi perpajakan.

Sementara itu, Dekan FEB Universitas Esa Unggul, Tantri Yanuar Rahmat Syah menyambut baik kerja sama relawan pajak dengan Kanwil DJP Jakbar dan sudah dipercaya sebagai salah satu kampus yang menyumbang mahasiswa pada program relawan pajak.

"Kami berharap kerja sama dan sinergi kepada DJP, khususnya Kanwil DJP Jakarta Barat selalu dijalani dengan baik dan ditingkatkan untuk ke depannya," tambahnya. (das)



KOMENTAR

Silahkan berikan komentar dengan baik

Tulis Komentar Anda :