KEBIJAKAN PAJAK DAERAH

Genjot PAD Kota Medan, Ini 2 Instruksi Bobby Nasution

Upaya meningkatkan PAD menjadi agenda penting Pemkot Medan tahun ini

By | Jum'at, 28 April 2023 10:00 WIB

ilustrasi (foto: istimewa)
ilustrasi (foto: istimewa)

MEDAN, BELASTING—Wali Kota Medan Bobby Nasution meminta perangkat daerah meningkatkan sinergi dalam melakukan pengumpulan pajak guna mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD).

Bobby secara terperinci menyebut Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Medan perlu bersinergi dengan perangkat daerah terkait. Tujuannya untuk turun ke lapangan dan mengumpulkan pajak daerah.

“Kalau bisa, libatkan perangkat daerah terkait untuk melakukan pengutipan pajak. Kami berharap Bapenda dapat melakukan hal itu guna mendukung peningkatakan PAD,” ujarnya, Kamis (27/4/2023).




Adapun sinergi pengutipan pajak yang dimaksud Bobby diantaranya mencakup sektor PBB, pajak hotel, restoran, serta hiburan. Dia berharap kolaborasi Bapenda dan berbagai perangkat daerah lainnya bisa membuahkan hasil, yakni realisasi penerimaan pajak yang lebih maksimal.

Tidak hanya itu, Bobby juga memberi mandat kepada jajaran perangkat daerah. Dia meminta agar data program kerja periode 2022 dan 2023 ditata ulang, agar lebih mudah dipantau perkembangannya.

Menantu Presiden Joko Widodo itu mencontohkan program kerja pembinaan UMKM yang telah dilaksanakan tahun lalu. Menurutnya, perangkat daerah terkait harus mendata dan memantau kembali program tersebut di 2023.



Sejalan dengan itu, Bobby meminta Dinas Koperasi dan UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kota Medan, serta Dinas Pariwisata untuk menyiapkan sortiran data terbarunya.

“Kita ingin mengetahui apakah mereka benar-benar terbantu dengan program dari kita. Minggu depan saya minta data tersebut harus sudah ada,” kata Bobby.

Selain dua perangkat itu, Bobby juga meminta Dinas Sumber Daya Air Bina Marga Bina Kontruksi (SDABMBK) untuk mendata pengerjaan u-ditch. Sementara Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, Cipta Karya dan Tata Ruang diminta mendata pengerjaan pembangunan sistem multiyears.(das)



KOMENTAR

Silahkan berikan komentar dengan baik

Tulis Komentar Anda :