KEBIJAKAN MONETER

BI Tahan Suku Bunga 5,75%, Target Stabilisasi Rupiah dan Inflasi

Bank sentral tak ubah tingkat suku bunga pada bulan ini

By | Kamis, 16 Maret 2023 15:36 WIB

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo (tangkapan layar)
Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo (tangkapan layar)

JAKARTA,BELASTING - Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia pada 15-16 Februari 2023 memutuskan mempertahankan tingkat suku bunga acuan.

Gubernur BI, Perry Warjiyo mengatakan hasil RDG tidak mengubah BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) sebesar 5,75%. Kemudian suku bunga  Deposit Facility tetap sebesar 5%, dan suku bunga Lending Facility sebesar 6,5%.

"BI menilai suku bunga sebesar 5,75% memadai untuk memastikan inflasi inti tetap berada dalam kisaran 3,0±1% pada semester I 2023 dan inflasi Indeks Harga Konsumen (IHK) kembali ke dalam sasaran 3,0±1% pada semester II 2023," katanya dalam Konpers RDG BI pada Kamis (16/3/2023).




Perry menerangkan keputusan untuk menahan suku bunga menjadi upaya menjamin terus turunnya ekspektasi inflasi dan inflasi pada tahun ini.

Selain itu, upaya stabilisasi nilai tukar rupiah menjadi unsur penting dalam pengendalian inflasi barang impor. Hal tersebut dilakukan dengan memperkuat pengelolaan devisa hasil ekspor melalui implementasi operasi moneter valas Devisa Hasil Ekspor (DHE) sesuai dengan mekanisme pasar.  

Dia menerangkan koordinasi dilakukan dengan pemerintah melalui tim pengendalian inflasi yang dilakukan pada tingkat pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Program prioritas pengendalian inflasi dengan kebijakan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) di berbagai daerah.



Menurutnya, moderasi pergerakan inflasi sudah terlihat pada Januari 2023 dengan inflasi bulanan sebesar 0,34% dan inflasi tahunan sebesar 5,28%. Angka inflasi menurun dibandingkan bulan sebelumnya sebesar 5,51%.

"Penurunan inflasi didorong oleh inflasi inti dan administered prices yang menurun serta inflasi bahan pangan bergejolak (volatile food) yang terjaga,"  tambahnya. (das)



KOMENTAR

Silahkan berikan komentar dengan baik

Tulis Komentar Anda :