PENATAAN KAWASAN

Waterfront SILUK, Wajah Baru Destinasi Wisata Kapuas Hulu

Area waterfront mencakup sepanjang 300 meter bentangan pinggir Sungai Kapuas di Putussibau Utara.

By | Rabu, 06 September 2023 12:42 WIB

Taman Alun akan bertransformasi menjadi Waterfront SILUK. - Foto Kemenparekraf
Taman Alun akan bertransformasi menjadi Waterfront SILUK. - Foto Kemenparekraf

BELASTING, Jakarta - Penataan kawasan Waterfront SILUK terus dipacu untuk menjadikannya sebagai destinasi wisata di Kalimantan Barat. Tidak hanya menjadi pusat kegiatan ekonomi, kawasan di tepian ini akan menjadi ikon baru Kapuas Hulu.

Area waterfront mencakup sepanjang 300 meter bentangan pinggir Sungai Kapuas di Putussibau Utara. Penataan ini dimulai sejak akhir Februari 2023 dan ditargetkan selesai pada akhir tahun dengan pembiayaan APBN sebesar Rp27,25 miliar.

"Progres pekerjaan saat ini sudah mencapai 35,3% dengan target penyelesaian pada Desember 2023," ujar Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Kalbar Deva Kurniawan, Rabu (6/9/2023).




Pekerjaan penataan dilakukan oleh Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Kalbar Kementerian PUPR bersama PT Rancang Bangun Mandiri - PY Riefna Karya Banguns Spesialis, KSO selaku kontraktor pelaksana. Nama Waterfront SILUK memiliki arti Sehat, Indah, Lestari, Unggul dalam Keberagaman.

Lingkup pekerjaannya mencakup pembangunan plaza, taman dan waterfront, tangga tribun, pedestrian dan drainase, tempat parkir, patung arwana, street furniture, toilet dan menara air, fitness outdoor, dermaga, hingga tempat pembuangan sampah.

Waterfront SILUK dibangun di tepian Sungai Kapuas, yang sebelumnya dikenal dengan Taman Alun Putussibau, yang biasa dimanfaatkan oleh masyarakat Kapuas Hulu sebagai kawasan rekreasi perkotaan.



“Taman Alun akan bertransformasi menjadi Waterfront SILUK, yang merupakan ruang publik yang lebih reseprentatif dan layak sebagai tempat rekreasi atau berkumpulnya masyarakat,” kata Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan.

Waterfront Siluk mengakomodasi corak kearifan lokal. Tugu Pancasila yang sebelumnya tergusur oleh pembangunan jembatan Kapuas juga akan dibangun kembali di kawasan ini.

Sebab, Tugu Pancasila merupakan sejarah penting bagi kawasan ini, di mana Bendera Merah Putih untuk pertama kalinya dikibarkan di Kapuas Hulu.

Tugu Pancasila juga menunjukan tolerasi masyarakat yang hidup berdampingan dengan harmonis, menghargai dan menghormati satu sama lain.

Waterfront Siluk diyakini akan menjadikan wajah baru Putussibau yang sekaligus akan semakin menarik minat banyak orang untuk datang. Waterfront SILUK adalah ikon baru Bumi Uncak Kapuas.



KOMENTAR

Silahkan berikan komentar dengan baik

Tulis Komentar Anda :