FUTURE LEADER FEST 2023

Tips Menjadi Pemimpin Masa Depan versi Tokoh Muda

Tidak hanya muda, tetapi juga bisa kita pelajari dan menginspirasi.

By | Minggu, 12 November 2023 08:05 WIB

Diperlukan sosok pemimpin yang dapat menggugah dan mengajak segenap elemen. - Foto IA-ITB
Diperlukan sosok pemimpin yang dapat menggugah dan mengajak segenap elemen. - Foto IA-ITB

BELASTING, Jakarta--Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA-ITB) Jakarta menggelar Future Leader Fest 2023, 11 November, di Teater Tanah Airku, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta. 

Menghadirkan sejumlah tokoh muda inspiratif, Future Leader Fest 2023 berhasil menyedot antusiasme generasi Z dan milenial dalam mengikuti diskusi dan pembelajaran tentang kepemimpinan. 

“Kita menghadapi banyak sekali tantangan zaman sekarang ini seperti volatality, uncertainty, complexity, and ambiguity (VUCA)," ujar Emil Dardak, Wakil Gubernur Jawa Timur.




Menurutnya, kepemimpinan untuk masalah seperti ini tidak bisa lagi gaya otoriter, dan main tunjuk-tunjuk saja.

Akan tetapi, diperlukan sosok pemimpin yang dapat menggugah dan mengajak segenap elemen didalam organisasi untuk mau ke arah yang sama.

Emil menambahkan, untuk menjadi pemimpin masa depan, generasi muda harus mampu mengasah kemampuan dalam hal berempati dan kepekaan dalam komunikasi. 



Adapun Fajrin Rasyid, Direktur Bisnis Digital PT. Telekomunikasi Indonesia, menyoroti kepemimpinan di era digital. “Saya sepakat dengan mas Emil, kolaborasi menjadi sesuatu yang penting. Kenapa?"

Menurutnya, saat ini siapapun tidak bisa bergerak sendirian. Sangat banyak skill yang perlu dipelajari, baik sebagai individu maupun sebagai korporasi.

Oleh karena itu, penting bagi bagi kita semua untuk menjaring kerja sama baik sebagai individu.

"Misalnya teman-teman dengan latar belakang IT, mesti juga belajar dengan teman-teman dengan latar belakang finansial dan bisnis."

Pemimpin masa depan juga harus kritis dan multitasking. “Tanpa kompetensi seperti itu, misalnya, akan sulit menyelesaikan proyek MRT dengan cepat dan tepat waktu," kata Weni Maulina, Direktur Konstruksi PT MRT Jakarta. 

Berkat skill yang serbabisa itu, menurutnya, MRT Jakarta pada fase 1 dapat diselesaikan dalam waktu sesuai rencana, yakni 6 tahun.

Ketua IA-ITB Jakarta Damoza Nirwan mengatakan Future Leader Fest 2023 bertujuan menampilkan pemimpin-pemimpin yang memiliki track record kepemimpinan sejak masih muda.

"Tidak hanya muda, tetapi juga bisa kita pelajari dan memberikan inspirasi kedepan untuk membangun sikap kepemimpinan, seperti yang mereka miliki," katanya.

Dengan mengusung tema Berkontribusi untuk Negeri, IA-ITB Jakarta berharap Future Leader Fest 2023 dapat menjadi platform bagi anak-anak muda untuk memahami peran dan tanggung jawab membangun masa depan bangsa. 

Sesi Pertama perhelatan Future Leader Fest 2023 ini menampilkan keynote speaker Pradana Indraputra, Staff Khusus Menteri Investasi. 

Selain itu, narasumber lainnya adalah Hokkop Situngkir, Co-Founder Id Next Leader; Agustin Peranginangin, Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Borobudur; dan Weni Maulina, Direktur Konstruksi PT MRT Jakarta.

Adapun sesi kedua menyuguhkan Nasruddin Djoko Surjono, Kepala BP-BUMD DKI Jakarta, Insyira Muthia Khansa, Finalis Putri Indonesia 2023 dari Aceh, Nurul Ummah, Ketua Umum IPPNU, Andira Reoputra, Direktur Utama Perumda Pembangunan Sarana Jaya; serta Billy Mambrasar, Staff Khusus Presiden. 

Puncaknya ditutup dengan dua pembicara Emil Dardak, Wakil Gubernur Jawa Timur; dan Fajrin Rasyid, Direktur Bisnis Digital PT Telekomunikasi Indonesia.



KOMENTAR

Silahkan berikan komentar dengan baik

Tulis Komentar Anda :