PEMBANGUNAN IKN

Pemerintah Alokasikan Anggaran Pembangunan IKN di RAPBN 2024

Pemerintah menolak menunda pendanaan IKN pada 2024.

By | Selasa, 30 Mei 2023 17:57 WIB

Desain istana negara di IKN (Foto ilustrasi/istimewa).
Desain istana negara di IKN (Foto ilustrasi/istimewa).

JAKARTA, BELASTING—Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan pemerintah tetap mengalokasikan anggaran belanja untuk program pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di 2024.

Menkeu Sri Mulyani mengatakan pembangunan IKN merupakan bagian dari program prioritas. Dia menuturkan program prioritas itu bertujuan untuk mempercepat transformasi ekonomi.

Hal itu diutarakan Sri Mulyani sebagai respon terhadap fraksi DPR RI, yakni PKS dan Demokrat. Pasalnya, kedua fraksi sempat meminta pemerintah menunda pencairan anggaran untuk pembangunan IKN.




“Pemerintah akan konsisten menguatkan spending better melalui efisiensi belanja, terutama untuk kebutuhan dasar, serta program-program untuk mendukung program prioritas, [seperti] percepatan pembangunan infrastruktur, termasuk keberlanjutan pembangunan Ibu Kota Nusantara, dan proyek strategis nasional,” ujarnya dalam rapat paripurna DPR RI, Selasa (30/5/2023).

Seperti diungkapkan Sri Mulyani, pemerintah akan meningkatkan kualitas, efektivitas, dan efisiensi belanja pada 2024. Oleh karena itu, pemerintah akan melanjutkan penguatan prinsip spending better untuk mendukung berbagai program prioritas.

Adapun belanja tersebut diantaranya difokuskan pada 7 elemen. Pertama, peningkatan kualitas dan akses pendidikan, seperti PIP, KIP kuliah, BOS, pemberian beasiswa LPDP, serta link and match.



Kedua, penguatan kualitas dan akses kesehatan, seperti efektivitas JKN, kemandirian farmasi, sistem kesehatan yang andal. Ketiga, percepatan pembangunan infrastruktur, termasuk keberlanjutan Ibu Kota Nusantara (IKN) dan Proyek Strategis Nasional.

Keempat, mendorong hilirisasi sumber daya alam. Kelima, mendorong efektivitas program perlindungan sosial dan subsidi, agar tepat sasaran dan memberi manfaat yang nyata bagi masyarakat.

“Pada sisi lain, pemerintah juga mendukung agar pelaksanaan Pemilu dan Pilkada 2024 dapat berjalan dengan lancar dan kondusif,” tutur Sri Mulyani. (bsf)



KOMENTAR

Silahkan berikan komentar dengan baik

Tulis Komentar Anda :