PILPRES 2024

Begini Komentar Prabowo Soal Duet Anies-Cak Imin

Apakah ini berarti koalisi PKB dan Gerindra dengan sendirinya bubar?

By | Kamis, 31 Agustus 2023 20:39 WIB

Capres Partai Gerindra Prabowo Subianto.
Capres Partai Gerindra Prabowo Subianto.

JAKARTA, BELASTING—Capres Partai Gerindra Prabowo Subianto angkat bicara mengenai Partai Kebangkitan Bangsa yang bergabung dengan Partai Nasdem dan mengusung pasangan Anies-Cak Imin.

"Ya inilah namanya demokrasi kita, demokrasi kita musyawarah," kata Ketua Umum Partai Gerindra tersebut di Jakarta, Kamis (31/8/2023).

Sebelumnya, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) telah berkoalisi dengan Partai Gerindra, Partai Golkar, PAN dan PBB dalam Koalisi Indonesia Maju.




Sementara itu, NasDem membentuk koalisi dengan Partai Demokrat dan PKS dalam Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP).

Bahkan menurut Cak Imin, penetapan cawapres Prabowo akan ditentukan PKB. Prabowo sendiri mengaku belum mendengar terkait dengan manuver yang dilakukan oleh PKB.

"Saya sendiri belum dengar rencana-rencana itu, tapi itu demokrasi, kita negosiasi, kita musyawarah, santai-santai saja," imbuhnya.



PKB telah menyetujui kerja sama politik dengan Partai NasDem di Pilpres 2024. Hal ini sudah dikonfirmasi oleh Partai Demokrat melalui bacapres Koalisi Perubahan Anies Baswedan.

"Anies telah menyetujui kerja sama politik Partai NasDem dan PKB untuk mengusung pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar," kata Sekjen Demokrat Teuku Riefky Harsya.

Riefky merasa bahwa Anies dan Nasdem telah mengkhianati kesepakatan pembentukan Koalisi Perubahan  karena menyepakati kerja sama itu tanpa sepengetahuan Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera.

Riefky mengatakan pihaknya menerima informasi dari Sudirman Said, yang mewakili Bacapres Anies Baswedan, bahwa Anies telah menyetujui kerja sama politik NasDem dan PKB untuk mengusung pasangan Anies-Cak Imin.

Persetujuan ini disebut dilakukan secara sepihak atas inisiatif Ketum NasDem, Surya Paloh. "Hari ini, kami konfirmasi berita tersebut kepada Anies . Ia mengonfirmasi berita tersebut adalah benar," ujar Riefky.

Sebelumnya Anies dalam safari politiknya di Jawa Timur menemui ibunda Muhaimin Iskandar, Nyai Hj Muhasonah, di Pesantren Denanyar, Jombang. Dalam pertemuan itu, ibunda Muhaimin mendoakan Anies.

Riefky menambahkan Partai Demokrat bakal menggelar rapat Majelis Tinggi malam ini juga. Hal ini sesuai dengan aturan yang tertuang dalam AD/ART partai berlambang bintang mercy tersebut. (Isa)



KOMENTAR

Silahkan berikan komentar dengan baik

Tulis Komentar Anda :