BEASISWA KEMENAG

Kemenag Buka 1.000 Beasiswa untuk Guru dan Pengawas Pendidikan

Program beasiswa non-gelar bertujuan memberikan penguatan penguasaan teknologi bagi para penerima

By | Jum'at, 14 Oktober 2022 11:30 WIB

ilustrasi
ilustrasi

JAKARTA, BELASTING—Kementerian Agama membuka beasiswa nongelar bagi guru agama dan pengawas pendidikan agama. Total beasiswa yang dibuka sebanyak 1.000 peserta.

Juru Bicara Kemenag, Anna Hasbie mengatakan program beasiswa non-gelar bertujuan memberikan penguatan penguasaan teknologi bagi para penerima untuk merancang serta mengembangkan pembelajaran modern. 

"Ada 1.000 kuota beasiswa non-gelar untuk tahun 2022. Ini menjadi bagian dari program Beasiswa Indonesia Bangkit," kata Anna dikutip Jumat (14/10/2022). 




Program Non-Gelar ini mengusung tema ‘Peningkatan Kompetensi Digital bagi Guru dan Tenaga Kependidikan’.

Ada dua indikator capaian pembelajaran yang diharapkan dari program ini. 
Pertama, peserta program memiliki pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan memanfaatkan kerangka kerja TPACK (Technology, Pedagogy, and Content Knowledge) untuk merancang serta mengembangkan model pembelajaran modern abad 21.

Kedua, peserta program diharapkan memiliki kompetensi keterampilan literasi dan sertifikasi penguasaan teknologi pendidikan untuk merancang serta menerapkan pembelajaran modern. 



Berikut kriteria untuk mendapatkan beasiswa non-gelar Kemenag:

Persyaratan Umum

Peserta Program yang dapat menerima Beasiswa Indonesia Bangkit Program Non-Gelar wajib memenuhi persyaratan umum sebagai berikut:

  • Warga Negara Indonesia (WNI);
  • Berstatus sebagai Guru Pendidikan Agama, Pengawas Pendidikan Agama, Pengembang Teknologi Pembelajaran, dan Pegawai Kementerian Agama;
  • Mendapat Izin dari pimpinan tempat tugas;
  • Tidak sedang mendaftar, akan menerima, atau menerima beasiswa dari APBN, APBN, dan sumber lain yang berpotensi double funding selama menjadi penerima Beasiswa Indonesia Bangkit baik Program Gelar atau Program Non-Gelar lainnya;
  • Bersedia menandatangani Surat Pernyataan Pendaftar Beasiswa sesuai dengan ketentuan-ketentuan sebagaimana tercantum dalam Lampiran.

Jadwal Pendaftaran dan Pengumuman

  1. Pendaftaran beasiswa dibuka secara online sejak 10 sampai 21 Oktober 2022 melalui https://pendaftaran-beasiswa.kemenag.go.id/login. 
  2. Seleksi Administrasi dan Asesmen dilakukan pada 22 hingga 24 Oktober 2022. Adapun hasilnya diumumkan pada 25 Oktober 2022.
  3. Program perkuliahan ini akan berlangsung selama 12 minggu atau tiga bulan, mulai dari 7 November 2022 hingga 28 Januari 2023. 
  4. Biaya SPP serta Sertifikasi L1 dan L2 ditanggung oleh Program Beasiswa Indonesia Bangkit Kementerian Agama.
     


KOMENTAR

Silahkan berikan komentar dengan baik

Tulis Komentar Anda :