PELAPORAN SPT TAHUNAN

DJP Mulai Buka Rekrutmen Relawan Pajak 2023

Unit kerja DJP di daerah mulai jaring relawan pajak di awal tahun

By | Senin, 09 Januari 2023 09:59 WIB

Dirjen Pajak Suryo Utomo bersama relawan pajak (foto: P2 Humas DJP)
Dirjen Pajak Suryo Utomo bersama relawan pajak (foto: P2 Humas DJP)

JAKARTA,BELASTING - Unit vertikal Ditjen Pajak (DJP) membuka rekrutmen relawan pajak untuk mendukung periode penyampaian SPT Tahunan.

Salah satunya dilakukan Kanwil DJP Sulawesi Selatan, Barat dan Tenggara (Sulselbartra). Rekrutmen ini melibatkan kampus yang sudah bekerja sama dengan dengan Kanwil DJP Sulsebartra dalam kegiatan relawan pajak.

"Program Relawan Pajak hadir kembali di tahun 2023. Yuk ikut ambil bagian bersama Direktorat Jenderal Pajak dalam peningkatan kepatuhan Wajib Pajak," tulis keterangan Kanwil DJP Sulsebartra dikutip Senin (9/1/2023).




Kegiatan relawan pajak pada tahun ini fokus pada 2 aspek. Pertama, asistensi SPT Tahunan. Proses asistensi yang dilakukan relawan pajak dengan target wajib pajak orang pribadi dan badan yang menyampaikan SPT Tahunan melalui e-filing.

Kedua, keterlibatan relawan pajak dalam kegiatan sosialisasi mandiri. Relawan pajak ikut bertugas dalam penyampaian informasi atau materi perpajakan kepada wajib pajak sebagai narasumber atau pendamping narasumber sosialisasi.

Proses pendaftara sebagai relawan pajak dibuka sampai dengan 11 Januari 2023 melalui organisasi mitra DJP di lingkungan kampus dan 12 Januari 2022 untuk pendaftaran online bagi relawan pajak nonmahasiswa. Kemudian pengukuhan sebagai relawan pajak pada 31 Januari 2023.



Untuk wilayah Sulsebartra, pendaftaran relawan pajak mahasiswa melalui kampus yang sudah bekerja sama dengan DJP antara lain Universitas Negeri Makassar, Universitas Haluoleo dan Universitas Muhammadiyah Sinjai.

Bagi calon relawan pajak nonmahasiswa wajib memenuhi kriteria yaitu, berstatus sebagai WNI, berprofesi sebagai dosen atau perangkat kampus perguruan tinggi negeri atau perguruan tinggi swasta.

Kemudian berdomisili di wilayah Kota Makassar dan sekitarnya. Lalu, cakap atau mahir dalam penggunaan teknologi. (das)



KOMENTAR

Silahkan berikan komentar dengan baik
Info buat djp domisili gorontalo buka relawan pajak thn 2023??
Salwa muhammad | Selasa, 10 Januari 2023 09:34 WIB

Tulis Komentar Anda :